Dark/Light Mode

Liga Inggris

Ada Kobbie Mainoo, Man United Mau Depak Sofyan Amrabat

Minggu, 24 Desember 2023 05:44 WIB
Sofyan Amrabat. (Foto : ist)
Sofyan Amrabat. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Manchester United (MU) dikabarkan enggan mempermanenkan status Sofyan Amrabat seiring mulai apiknya permainan Kobbie Mainoo.

Pelatih MU Erik Ten Hag telah mempersilakan Sofyan Amrabat untuk pergi dari klub begitu musim 2023/2024 berakhir.

Keputusan pelatih asal Belanda itu tentu membuat Amrabat harus angkat kaki walau kiprahnya di Old Trafford baru dimulai musim panas 2023.

Padahal, pemain yang dipinjam MU dari Fiorentina selama semusim itu masih punya opsi pembelian permanen andai klub tertarik dengan penampilannya.

Baca juga : Pep Sumringah Man City Gondol 5 Gelar Dalam Setahun

Tapi, harapan Amrabat untuk lebih lama berseragam MU terpaksa harus pupus seiring keputusan Ten Hag.

Laporan itu menduga, keengganan klub menggunakan opsi itu lantaran nilai pembelian yang tercantum dalam kontrak tidak sesuai dengan kualitas sang pemain, yakni sebesar 21,5 juta pounds (sekitar Rp 422 miliar).

Meski demikian, MU tergolong beruntung bisa mengamankan tanda tangan Amrabat. Pasalnya, Amrabat sempat menjadi rebutan klub top Eropa setelah penampilan mengesankan bersama Timnas Maroko di Piala Dunia 2022.

Amrabat juga incaran utama yang diimpikan Erik ten Hag untuk memperkuat skuad miliknya. Hanya saja, gelandang berusia 27 tahun itu justru melempem setelah ke Old Trafford.

Baca juga : Hasil Liga Inggris: Arsenal-Liverpool Bersaing Ketat, Man United Keok

Inkonsistensi permainan dan cedera membuatnya gagal mendapatkan kepercayaan penuh dari Erik Ten Hag. Di Liga Inggris, Amrabat tercatat baru bermain 10 laga dengan 7 kali tampil sebagai starter.

Jika ditotal, dirinya sudah melahap 17 pertandingan di semua ajang kompetitif bersama Setan Merah. Catatan inilah membuat staf kepelatihan MU meragukan kemampuan pemain berpostur 185 cm tersebut.

Termasuk Ten Hag yang akhirnya mengambil sikap tegas untuk melepas Amrabat. Keputusan untuk tidak mempermanenkan Amrabat juga dipengaruhi penampilan Kobbie Mainoo.

Pemain yang dijuluki Paul Pogba mini itu mulai tampil impresif sekembalinya dari cedera engkel. Mainoo bahkan dipercayaTen Hag untuk bermain di lagalaga besar seperti saat melawan Everton, Newcastle United, dan Liverpool.

Baca juga : West Ham Vs Man United, The Hammers Gertak Setan Merah

Ketiga laga itu diawalinya sebagai starter. Bahkan, mantan gelandang MU, Paul Scholes sampai memuji permainan apik Mainoo. Menurutnya, Mainoo memiliki kemampuan dalam melindungi pertahanan.

Kemampuannya dalam bertahan diacungi jempol sehingga layak menjadi gelandang bertahan pilihan di MU. Meski tergolong masih belia dengan baru menginjak 18 tahun, kualitas dan kondisi atletis dimiliki Mainoo membuat Scholes kagum.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.