Dark/Light Mode

Selangkah Lagi, Southgate Latih Klub Inggris

Rabu, 27 Desember 2023 05:21 WIB
Gareth Southgate. (Foto : ist)
Gareth Southgate. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Teka-teki masa depan Pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate mulai ada titik terang. Southgate yang masa kerjanya akan segera berakhir, dikabarkan akan menjadi pelatih di klub Liga Primer Inggris.

Hal itu dilakukannya setelah mendapatkan pesan dari pelatih AS Roma yang pernah menangani Manchester United (MU) dan Chelsea, Jose Mourinho.

Southgate menjadi nakhoda Timnas Inggris sejak 2016. Dia membawa The Three Lions alias Si Tiga Singa memberikan penampilan terbaik. Harry Kane dan kawan-kawan mencapai semifinal Piala Dunia 2018 dan menjadi runner-up Euro 2020.

Baca juga : Selangkah Lagi, Man City Raih Gelar Piala Dunia Antarklub

Kini, pelatih berusia 52 tahun itu memiliki kontrak hingga Desember 2024. Namun, ajang Euro 2024 di Jerman pada musim panas tahun depan bisa jadi kompetisi besar terakhir Southgate sebagai pelatih The Three Lions.

Terlepas dari eksploitasinya bersama Timnas Inggris, satusatunya pengalaman Southgate sebagai manajer klub Premier League adalah saat menangani Middlesbrough, yang terdegradasi pada 2009.

“Saya berusia 35 tahun ketika saya menangani Middlesbrough di Premier League. Kami finish di peringkat 12 dan 13, dan saya tidak tahu apa-apa seperti yang saya ketahui sekarang,” tutur Southgate kepada Sky Sports.

Baca juga : Baru Kali Ini, Jokowi Pake Dasi Kuning

“Semua orang akan membicarakan Middlesbrough. ‘Oh, dia membuat Middlesbrough terdegradasi’. Ya, pada tahun ketiga, kami terdegradasi. Namun, saya berpengalaman tiga tahun di Premier League,” lanjutnya.

Berbicara menjelang Tahun Baru yang kemungkinan akan membuatnya mengakhiri delapan tahun bersama Timnas Inggris setelah Euro 2024, Southgate mengungkapkan obrolan dengan Jose Mourinho telah meningkatkan kepercayaan dirinya dapat melatih klub papan atas.

“Saya ingat pernah berbicara dengan Jose ketika dia masih di Manchester United dan dia berkata: ‘Anda tahu, ketika Anda telah melakukan peran yang Anda jalani saat ini, Anda akan bisa melakukan apa saja,” ungkap Southgate.

Baca juga : Selangkah Lagi, Pemain Belanda Asal Solo Ini Masuk Timnas

Mantan pemain Crystal Palace dan Aston Villa ini memulai karier kepelatihannya di Middlesbrough sebelum bergabung dengan Timnas Inggris, dan sangat ingin membuktikan diri dalam menangani level klub.

“Saya tidak akan berada di sini selama 20-30 tahun. Saya tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Saya sangat tenang dengan itu,” imbuhnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.