Dark/Light Mode

Piala FA

Tottenham Vs Burnley, The Lilywhites Buru Tiket Perempat Final

Jumat, 5 Januari 2024 05:22 WIB
Para pemain Tottenham Hotspurs. (Foto : Ist)
Para pemain Tottenham Hotspurs. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tottenham Hotspur akan menjamu Burnley pada babak ketiga Piala FA 2023-2024 di Tottenham Hotspur Stadium, London, Sabtu (6/1) dini hari nanti.

Duel akan berlangsung sengit karena kedua tim bakal bermain matimatian untuk memastikan diri lolos ke babak berikutnya.

Bagi The Lilywhites - julukan Spurs, ini kesempatan bagus untuk meraih kemenangan karena akan bermain di kandang sendiri.

Peluang ini wajib mereka wujudkan, jika tidak ingin kalah dan tersingkir. Sebab, hasil imbang di laga nanti akan memaksa kedua tim untuk melakoni laga replay, sehingga perlu pemenang yang akan memastikan mereka mendapatkan tiket melaju ke babak selanjutnya.

Di kubu seberang, Burnley agaknya akan bisa bermain lepas. Mereka berstatus bukan tim unggulan, sehingga tekanan sejatinya lebih condong kepada tuan rumah dan kondisi ini membuat Burnley menjadi punya kans untuk membuat kejutan.

Baca juga : West Ham Vs Man United, The Hammers Gertak Setan Merah

Mengingat, performa Spurs sedang tidak konsisten akibat absennya sejumlah pemain utama. Seperti Kapten Son Heung-min yang akan membela Timnas Korea Selatan di Piala Asia 2024 dan Yves Bissouma (Mali), serta Pape Matar Sarr (Senegal) yang bermain di Piala Afrika 2024.

Selain mereka, sejumlah pemain andalan Spurs juga dipastikan absen akibat cedera. Tapi, dari seluruh pemain Spurs yang absen, hanya ketidakhadiran Son Heung-min yang bisa mempengaruhi kekuatan tim asuhan Ange Postecoglou.

Ketajaman lini depan mereka akan sedikit tumpul karena sang pemain sedang tajam-tajamnya. Di sepanjang musim ini, Son sudah menyumbang 12 gol dan 5 assist bagi Tottenham di Liga Inggris (EPL) 2023-2024.

Lebih dari itu, Son adalah seorang kapten. Karenanya Spurs juga berpotensi kehilangan sosok pemimpin di lapangan. Terlepas dari semua itu, Tottenham tetap wajib meraih kemenangan.

Mereka sudah terlalu lama tidak merebut gelar juara. Khusus di Piala FA yang terakhir kali mereka raih pada musim 1990-1991.

Baca juga : Ke Final, The Citizens Buru Gelar Keempat

“Piala FA adalah kompetisi spesial dan kami sangat ingin menjuarainya musim ini. Burnley mungkin tidak terlalu bagus di liga, tapi mereka tim yang ofensif. Ini bakal jadi laga sulit tapi jika kami bermain bagus, kami bisa menang dan lolos,” kata salah satu bek Spurs, Ben Davies, seperti dikutip dari laman resmi klub, Kamis (4/1/2024).

Di kubu seberang, musim ini Burnley memiliki performa yang tidak terlalu baik di EPL. The Clarets kini duduk di tangga 19, dengan koleksi 11 poin.

Burnley defisit 5 poin dari batas zona aman. Pekan lalu Burnley kalah 3-2 di markas Aston Villa, dalam lanjutan jadwal Liga Inggris 2023-2024.

Itu adalah kekalahan ke-15 bagi Burnley sepanjang musim ini. Kini The Clarets bertekad bangkit, termasuk pada pertandingan FA Cup kontra Tottenham Hotspur.

“Para pemain akan bangkit dan bekerja lebih keras. Mereka akan terus berusaha dan saya pikir itu hal spesial yang ada di tim ini,” tutur Pelatih Vincent Kompany di laman Burnley.

Baca juga : Kolombia Vs Brasil, Menanti Debut Striker Termuda Samba

Rotasi pemain sangat mungkin dilakukan Tottenham pada laga ini. Menghadapi jadwal padat dengan banyak pemain absen, tentu memaksa

Pelatih Ange Postecoglou untuk piawai mengatur komposisi line-up. Oleh karenanya, sejumlah pemain pelapis seperti Bryan Gil, Oliver Skipp, Fraser Forster dan Alejo Véliz, bisa saja menjadi starter.

Kabar bagus bagi Spurs adalah mereka mendapatkan tambahan amunisi dari Sergio Reguilón. Bek asal Spanyol itu kembali lebih cepat dari masa peminjaman di Manchester United. Reguilón bisa menjadi opsi bagus bagi Pelatih Ange Postecoglou.

Di kubu tim tamu, Burnley diprediksi tidak melakukan banyak perubahan. Akan tetapi Sander Berge bakal absen sebagai imbas kartu merah yang dia peroleh saat berjumpa Aston Villa. Jordan Beyer juga diprediksi absen karena cedera di laga yang sama. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.