Dark/Light Mode

Kalah 4:0 Dari Australia

Timnas Perlu Naikin Kelas

Senin, 29 Januari 2024 08:05 WIB
Para punggawa Timnas Garuda tertunduk lesu usai dikalahkan Timnas Australia 0:4 dalam pertandingan babak 16 besar Piala Asia 2023, di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Qatar, Minggu (28/1/2024). (Foto: Antara)
Para punggawa Timnas Garuda tertunduk lesu usai dikalahkan Timnas Australia 0:4 dalam pertandingan babak 16 besar Piala Asia 2023, di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Qatar, Minggu (28/1/2024). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perjalanan Timnas Indonesia di ajang Piala Asia 2023 Qatar harus terhenti. Timnas kalah 4:0 dari Australia dalam pertandingan babak 16 besar. Agar bisa terbang lebih tinggi, skuad Garuda harus terus bekerja keras naikin kelas.

Bertanding di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Minggu (28/1/2024) level permainan Indonesia memang jauh beda dengan Australia. Asnawi Mangkualam Cs bahkan tak mampu menjebol gawang lawan.

Australia membuka keunggulan melalui gol bunuh diri Elkan Baggott pada menit ke-12. Socceroos, julukan timnas Australia, kemudian menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0 berkat gol Martin Boyle pada menit ke-45.

Baca juga : Imin Pede AMIN Menang Telak

Australia yang merupakan juara Piala Asia 2015 kembali menambah dua gol pada akhir babak kedua. Craig Goodwin berhasil mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-89, dan Harry Souttar pada menit ke-90+1.

Sebenarnya, Marselino Ferdinand Cs bermain cukup baik sepanjang pertandingan. Mereka terus menekan, dan membuat Australia hanya mengandalkan serangan balik. Bedanya, tim lawan mampu memaksimalkan peluang dengan baik.

Dilihat dari statistik pertandingan, Timnas Indonesia memiliki penguasaan bola hingga 49 persen. Artinya bisa mengimbangi Australia.

Baca juga : Makan Siang Bareng Aktivis Perempuan, Mahfud Dicurhati Ketidakadilan

Soal jumlah tembakan. Australia memiliki 7 kali tembakan, 4 di antaranya ke arah gawang. Sementara anak asuh Shin Tae-yong mampu melakukan 5 kali percobaan, dan hanya 1 yang mengarah ke sasaran.

Jumlah akurasi umpan, Timnas Indonesia mencatat 347 umpan sukses dari 426 kali percobaan. Angka itu hampir mengimbangi pencapaian Australia yang mencatat 350 kali umpan sukses dari 436 percobaan.

Bedanya di umpan silang. Austalia unggul dengan 8 kali sukses dari 17 percobaan. Sementara Indonesia 2 kali mendaratkan umpan silang sukses dari 7 kali percobaan. Timnas Indonesia melancarkan 25 kali tekel, berbanding 23 milik Australia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.