Dark/Light Mode

Kalah 4:0 Dari Australia

Timnas Perlu Naikin Kelas

Senin, 29 Januari 2024 08:05 WIB
Para punggawa Timnas Garuda tertunduk lesu usai dikalahkan Timnas Australia 0:4 dalam pertandingan babak 16 besar Piala Asia 2023, di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Qatar, Minggu (28/1/2024). (Foto: Antara)
Para punggawa Timnas Garuda tertunduk lesu usai dikalahkan Timnas Australia 0:4 dalam pertandingan babak 16 besar Piala Asia 2023, di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Qatar, Minggu (28/1/2024). (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Hebatnya skuad Garuda mencatat 10 kali intersep dibandingkan 7 kali milik Australia. Sementara clearances atau sapuan bola, Jordi Amat Cs mencatat 16 kali atau lebih unggul milik Australia yang melakukan 11 kali.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menilai, banyak pembelajaran yang diperoleh untuk meningkatkan kualitas timnas senior di masa depan. Ia berharap di Piala Asia berikutnya Timnas Indonesia bisa lebih baik.

“Ini modal baik. Ibaratnya, jika kali ini 16 besar, dan itu sudah sejarah, berikutnya harus lebih tinggi,” ujar Erick dalam keterangan resmi.

Baca juga : Imin Pede AMIN Menang Telak

Meskipun kalah, Menteri BUMN itu menilai, Dpemain sudah maksimal, ingin berikan yang terbaik, tampil lepas, semangat, dan tidak takut. Artinya, dari segi materi pemain, inilah timnas terbaik Indonesia.

“Tapi kita butuh lebih untuk penyempurnaan taktik dan strategi agar tim ini makin berprestasi,” lanjut Erick.

Erick optimistis terhadap masa depan Timnas Indonesia. Mengingat Timnas Indonesia tercatat menjadi tim termuda di Piala Asia kali ini. Modal usia muda dengan tambahan pengalaman di Piala Asia ini seharusnya menjadi suatu yang lebih besar prestasinya di Piala Asia mendatang.

Baca juga : Makan Siang Bareng Aktivis Perempuan, Mahfud Dicurhati Ketidakadilan

“Saya berharap, kekalahan dari Australia tidak perlu diratapi. Masih ada target prestasi yang harus ditunjukkan bagi pemain dan juga pelatih. Saya percaya Timnas U-23 bisa masuk, 8 besar,” pungkasnya.

Sementara, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo juga mengapresiasi perjuangan Timnas Indonesia. Menurutnya, tim Merah Putih mengalami perkembangan ke arah yang positif.

“Kita melihat pertandingan hari ini melawan Australia, hasilnya kalah 0-4, tapi tetap saya melihat secara utuh pertandingannya. Bagaimana timnas masih bisa bertahan dan ada perlawanan,” kata politisi Partai Golkar itu.

Baca juga : Medvedev Seperti Mau Mati

Ia menyadari, Indonesia dan Australia memiliki level yang jauh berbeda. “Australia ini tim peringkat 25, jauh sekali, kita ada di 144. Ini saya apresiasi untuk tim pelatih dan atlet, juga PSSI. Karena saya rasa transformasi sepak bola semakin terlihat secara perlahan menuju arah yang lebih baik,” tutur Dito.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.