Dark/Light Mode

Kalah 4:0 Dari Australia

Timnas Perlu Naikin Kelas

Senin, 29 Januari 2024 08:05 WIB
Para punggawa Timnas Garuda tertunduk lesu usai dikalahkan Timnas Australia 0:4 dalam pertandingan babak 16 besar Piala Asia 2023, di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Qatar, Minggu (28/1/2024). (Foto: Antara)
Para punggawa Timnas Garuda tertunduk lesu usai dikalahkan Timnas Australia 0:4 dalam pertandingan babak 16 besar Piala Asia 2023, di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Qatar, Minggu (28/1/2024). (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Meski gagal melangkah lebih jauh, captain Timnas Indonesia Jordi Amat tetap bangga dengan pencapaian timnya. “Sejak awal kami menyadari bahwa ini akan menjadi pertandingan yang sulit. Mereka bermain lebih tajam pada babak pertama. Kami memiliki peluang, tetapi tidak bisa mencetak gol,” akunya.

Bagi Indonesia, lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 merupakan pencapaian bersejarah. Untuk kali pertama dalam sejarah Piala Asia, Tim Garuda berhasil menembus fase gugur. Sebelumnya, timnas Indonesia selalu kandas di babak penyisihan grup pada empat edisi Piala Asia yakni 1996, 2000, 2004, dan 2007.

Hanya saja, Amat yakin Timnas Indonesia perlu naikin kelas jika ingin eksis di panggung dunia. “Kami harus bekerja keras untuk kembali lebih kuat,” imbuh pemain kelahiran Spanyol tersebut.

Baca juga : Imin Pede AMIN Menang Telak

Pelatih Timnas Australia, Graham Arnold, tetap memuji Timnas Indonesia meski dikalahkan timnya di babak 16 besar Piala Asia 2023 Qatar. “Lihat, menurut saya, kita harus memberikan apresiasi kepada Timnas Indonesia,” pujinya.

Menurut Arnold, sepak bola Indonesia masih bisa naik kelas. “Saya pikir, Timnas Indonesia bermain sangat baik, dan saya sudah mengatakannya selama beberapa tahun ini di Australia, bahwa sepak bola Asia makin berkembang,” katanya.

Melihat perjuangan Timnas, netizen pun bangga. “Ucapan terima kasih Ketum PSSI @erickthohir untuk Timnas asuhan Shin Tae-yong yang gugur di babak 16 besar Piala Asia 2023 usai dibantai Australia 4-0. Bung Towel ngucapin nggak?” kata @beritainbola.

Baca juga : Makan Siang Bareng Aktivis Perempuan, Mahfud Dicurhati Ketidakadilan

“Bagus banget permainan indonesia. Apalagi di babak pertama, berani pres lawan peringkat 25,” ulas @Junnaaa_09. “Asli. Permainan Timnas Indonesia di Piala Asia 2024 apik sekali, peningkatan dari piala AFF kemarin,” puji @yovian21.

“Salut banget sama perjuangan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 meskipun kalah 4-0 dari Australia, tapi kami sangat menikmati permainan kalian malam ini. Di mana tidak selalu mengandalkan long ball,” pungkas @javacomp21.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin 29/1/2024 dengan judul Kalah 4:0 Dari Australia, Timnas Perlu Naikin Kelas      

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.