Dark/Light Mode

Keluar Lapangan Saat Arab Saudi Kebobolan, Mancini: Saya Pikir Sudah Selesai

Rabu, 31 Januari 2024 13:35 WIB
Roberto Mancini. (Foto : Ist)
Roberto Mancini. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sikap pelatih Timnas Arab Saudi, Roberto Mancini, ketika anak asuhnya kalah dari Korea Selatan di Piala Asia 2023 menjadi sorotan.

Alih-alih menemani tim hingga laga usai, mantan pelatih Timnas Italia itu justru kabur ke ruang ganti usai dua pemain Arab Saudi gagal penalti.

Arab Saudi berjumpa Korea Selatan pada babak 16 Besar Piala Asia 2023. Pertemuan antara dua tim top Asia itu dimainkan pada Rabu (31/1/2024) dini hari WIB di Stadion Education City.

Pada menit ke-46, Arab Saudi unggul lewat gol Abdullah Radif. Namun, secara dramatis, Korea Selatan mencetak gol untuk membuat skor menjadi 1-1 lewat aksi Cho Gue-Sung pada menit ke-90+9.

Pemenang akhirnya ditentukan lewat babak adu penalti. Arab Saudi kalah dengan skor 2-4, tanpa pendampingan Roberto Mancini pada momen krusial.

Baca juga : Anies Janjikan Bangun Stadion, Prabowo Ngantor di Kemenhan, Ganjar Nginep di Rumah Warga

Arab Saudi membuka babak adu penalti dengan apik. Dua penendang awal Arab Saudi, Mohamed Kanno dan Saud Abdulhamid, mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Namun, hal yang sama terjadi di kubu Korea Selatan.

Selanjutnya, penendang ketiga dan keempat Arab Saudi gagal. Mereka adalah Sami Al Naji dan Abdulrahman Ghareeb.

Skor menjadi 3-2 untuk Korea Selatan karena Cho Gue-Sung mampu bikin gol. Korea Selatan hanya butuh satu gol untuk menang dan Hwan Hee-chan maju sebagai penendang keempat mereka.

Nah, pada momen itulah Roberto Mancini terlihat kabur dari lapangan. Daripada melihat Hwang Hee-chan menendang bola atau sekadar menemani pasukannya saat dalam posisi sulit, pelatih asal Italia itu memilih masuk ke ruang ganti lebih dulu.

Sikap Roberto Mancini yang memilih untuk masuk ke ruang ganti sebelum pasukannya rampung memainkan adu penalti dapat sorotan. Apa yang dilakukan Mancini dinilai tidak tepat karena Arab Saudi masih punya peluang.

Baca juga : Warga Lampung Antusias Sambut Prabowo: Terima Kasih, Saya Rasakan Dukungan Yang Besar

Menurut La Gazzetta dello Sport, Roberto Mancini akan dibayar 30 juta euro atau setara Rp496,5 miliar per tahun sebagai manajer Timnas Arab Saudi. Sebagai perbandingan, Jurgen Klopp mendapat gaji 18 juta euro dari Liverpool setiap tahun.

“Saya minta maaf (karena pergi lebih awal), saya pikir ini sudah selesai. Saya tidak ingin tidak menghormati siapa pun,” ujar Roberto Mancini pada konferensi pers.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pemain saya atas apa yang mereka lakukan. Mereka banyak berkembang,” lanjutnya.

“Sebagai sebuah tim, kami mengalami banyak kemajuan. Kami telah bekerja bersama selama satu bulan (untuk Piala Asia) dan ini penting,” ujar Mancini.

Arab Saudi sempat memimpin pertandingan babak 16 besar melalui gol Abdullah Radif pada menit ke-46.

Baca juga : Aksi Srikandi Dan Mak Ganjar Gelar Bazar Murah Bikin Warga Kapuas Semringah

Namun Cho Gue-sung membuat pertandingan dilanjutkan ke perpanjangan waktu melalui sundulannya di pengujung pertandingan.

Dalam adu penalti, kiper Korea Selatan Jo Hyeon-woo menyelamatkan penalti Sami Al Naji dan Abdulrahman Ghareeb.

Mancini mengincar gelar internasional besar keduanya sebagai pelatih setelah memimpin Italia meraih kesuksesan di Euro 2021.

Sedangkan pelatih Korea Selatan Juergen Klinsmann bisa menambahkan Piala Asia ke Piala Emas Concacaf yang ia menangi bersama Amerika Serikat pada 2013.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.