Dark/Light Mode

Liga Spanyol

Roberto De Zerbi Suksesor Xavi Hernandez?

Selasa, 20 Februari 2024 05:39 WIB
Roberto De Zerbi. (Foto : Ist)
Roberto De Zerbi. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelatih Barcelona Xavi Hernandez telah mengumumkan bakal meninggalkan kursi kepelatihannya bersama Blaugrana akhir musim ini. Siapa calon pengganti Hernandez belum diketahui.

Tapi, sejauh ini ada nama yang sudah mendapat persetujuan seluruh anggota komisi olahraga klub Liga Spanyol itu, yaitu Roberto De Zerbi.

Seperti dilansir AS pada Sabtu, 17 Februari 2023, pelatih Brighton & Hove Albion asal Italia itu mendapat dukungan dari Presiden Klub Joan Laporta dan Direktur Olahraga Deco untuk menjadi pengganti Xavi musim depan.

Menurut laporan itu, perwakilan De Zerbi, Edmundo Kabchi dan Edoardo Cnajr, bertemu dengan Deco pada Rabu lalu selama lebih dari tiga jam di Barcelona.

Baca juga : Klopp Mulai Dikaitkan Dengan Barcelona

Meski alasan pertemuan tersebut membicarakan soal pembaruan kontrak Ronald Araujo, disebutkan ada diskusi ekstensif tentang kemungkinan mendatangkan De Zerbi ke Barcelona.

Hambatan utama untuk menyelesaikan operasi ini adalah klausul pelepasan pelatih, yang ditetapkan sekitar 10 juta euro atau sekitar Rp 168,43 miliar.

Barcelona meyakinkan agen De Zerbi, jika berhasil mengatasi kendala itu, pelatih Brighton itu akan mengambil alih kendali tim utama mulai 1 Juli 2024.

Tim manajemen olahraga klub Catalan itu menganggap De Zerbi sebagai pewaris alami DNA Blaugrana, yang juga dipuji legenda klub Pep Guardiola.

Baca juga : Ditahan Atletico, Don Carlo Masih Pede Di Singgasana

“Brighton adalah tim yang membangun permainan terbaik di dunia,” kata Guardiola di awal musim. “Tidak ada tim yang lebih baik dalam hal kemajuan dengan bola dari penjaga gawang ke sepertiga akhir,” ujar pria yang kini melatih Manchester City.

Pernyataan tersebut tak luput dari perhatian Barcelona yang mengikuti jejak pelatih asal Italia berusia 44 tahun tersebut. De Zerbi juga menunjukkan dia tidak takut bertaruh pada pemain muda, seperti yang ditunjukkan dengan menuntut kedatangan Ansu Fati di klub.

Saat ini, De Zerbi memiliki kontrak hingga 2026, sehingga negosiasi diperkirakan akan berlangsung alot dan rumit.

“Ketika saya mendengar tim-tim besar tertarik pada saya, itu suatu kehormatan, membuat saya bangga. Fokus saya pada pekerjaan, hari demi hari,” kata De Zerbi kepada Sky Sports ketika ditanya tentang minatnya dan masa depannya di Brighton.

Baca juga : PSM Makassar Vs Persita, Demi Perbaiki Peringkat

Mengenai masa depannya, dia akan berbicara dengan pemilik dan klub. “Saya ingin bersaing dengan cara terbaik, ingin memahami rencananya. Tidak masalah bekerja di tim besar atau di tim lainnya,” tuturnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.