Dark/Light Mode

Laga Uji Coba

Inggris Vs Brasil, Menguji Kreasi Juru Taktik Samba

Jumat, 22 Maret 2024 13:57 WIB
Para pemain timnas Brasil. (Foto : ist)
Para pemain timnas Brasil. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Inggris dan Timnas Brasil akan berlaga dalam uji coba atau International Friendly, di Wembley Stadium, London, Minggu (24/3/2024), pukul 02.00 WIB. Laga ini disiarkan Live Streaming di RCTI, TV Online Vision+.

Brasil telah menunjuk pelatih baru, yakni Dorival Junior. Laga melawan Inggris nanti akan menjadi laga pertama Brasil bersama mantan pelatih Santos, Flamengo, dan Sao Paulo tersebut.

Dalam dua uji coba terakhir, Inggris dan Brasil selalu bermain sama kuat. Mereka imbang 2-2 pada Juni 2013, kemudian seri 0-0 pada November 2017.

Ketika bermain imbang 2-2 pada 2013 lalu, Brasil unggul melalui Fred menit ke-57 sempat dibalikkan oleh Inggris lewat Alex Oxlade-Chamberlain menit ke-68 dan Wayne Rooney menit ke-79. Namun, Brasil bisa menyamakan skor melalui gol Paulinho di menit ke-83.

Inggris tak terkalahkan dalam 10 pertandingan terakhir. Terkini, November 2023 lalu, Inggris imbang 1-1 dengan Makedonia Utara di Kualifikasi Euro 2024.

Sebaliknya, Brasil selalu kalah dalam tiga laga terakhir, yang semuanya mereka alami di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona CONMEBOL.

Bersama pelatih interim Fernando Diniz waktu itu, Brasil berturut-turut kalah 0-2 dari Uruguay, 1-2 dari Kolombia, dan 0-1 dari sang rival Argentina.

Dorival Junior akan menjalani debutnya kala timnas Brasil melakoni laga persahabatan melawan Inggris.

Sebagai informasi, pertandingan melawan skuad Tiga Singa akan menjadi debut bagi Dorival Junior sebagai pelatih kepala Selecao.

Dorival ditunjuk oleh Federasi Sepak Bola Brazil (CBF) menggantikan pelatih interim, yakni Fernando Diniz pada Januari 2024.

Menanti pertandingan melawan Inggris, pria kelahiran Araraquara ini tidak sabar untuk melakoni debutnya.

Baca juga : Polandia Vs Estonia, Robert Lewandowski Cs Buru Tiket Ke Jerman

“Ini akan menjadi hari yang paling menyenangkan dalam hidup saya. Anda bisa yakin akan hal itu,” jelas Dorival mengutip dari The Guardian.

“Memenangi gelar juara di Stadion Morumbi atau di Maracana merupakan hal yang tak ternilai harganya, tetapi melakukan debut untuk tim nasional Brasil di Wembley adalah sesuatu yang unik,” katanya.

Terpilih sebagai nakhoda baru Brasil, Dorival memiliki mimpi untuk bisa memenangi Piala Dunia 2026.

“Namun, saya juga berharap hari ini akan terlampaui pada bulan Juli 2026, dengan memenangkan Piala Dunia. Anda dapat menuliskannya, Anda dapat menyimpannya,” tambah pelatih berusia 61 tahun ini.

Kendati demikian, Dorival pun menilai bahwa melawan Inggris tidak akan mudah bagi timnya.

Terlebih skuad asuhan Gareth Southgate memiliki pemain-pemain yang ternama, seperti Harry Kane, Jude Bellingham, Phil Foden, dan Declan Rice.

“Permulaannya tidak akan mudah. Saya tidak akan menyembunyikannya dari Anda, tetapi akhirnya akan baik. Kamu bisa yakin akan hal itu,” kata Dorival.

Tim Brasil pun mewaspadai para pemain Inggris yang juga diisi sejumlah nama yang memiliki kecepatan tinggi dan muda.

“Inggris adalah tim dengan kualitas terbaik dan mereka menunjukkan hal tersebut di setiap langkahnya saat ini,” katanya.

“Mereka adalah tim yang masih terus berkembang, tetapi mereka melakukannya dengan sangat cepat,” tutur eks pelatih Fluminense dan Santos itu.

Sementara itu Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, sudah mengumumkan daftar 25 pemain yang ia panggil untuk berlaga di jeda internasional Maret 2024 ini.

Baca juga : Portugal Vs Swedia, Formasi Anyar Minus Para Bintang

Inggris akan menghadapi dua laga yang berat tapi menarik pada akhir Maret 2024 ini. Mereka akan berduel lawan Brazil dan Belgia.

Keduanya adalah tim peringkat empat dan lima di ranking FIFA. Timnas Inggris akan berduel lawan Brazil lebih dahulu pada 23 Maret 2024 waktu setempat.

Laga ini akan digelar Stadion Wembley. Kemudian Inggris bakal bertarung lawan Belgia pada 26 Maret 2024 waktu setempat juga di stadon yang sama.

Dalam pemanggilan ini, Gareth Southgate tak memanggil gelandang muda Manchester United yang sedang naik daun, Kobbie Mainoo. Ia justru memanggil eks kapten Liverpool yang kini bermain di Ajax Amsterdam, Jordan Henderson.

Southgate juga tak memanggil bek Arsenal, Ben White. Sebagai gantinya ia memanggil lagi Joe Gomez, yang terakhir dipanggil ke skuad The Three Lions pada November 2020 silam.

Ada juga nama bek Manchester City John Stones dan bek kiri Chelsea, Ben Chilwell. Mereka dipanggil lagi setelah sebelumnya mengalami cedera.

Striker Brentford, Ivan Toney, juga dipanggil lagi. Ia sebelumnya absen lama karena menjalani skorsing.

Nama-nama top juga masih menghiasi Timnas Inggris kali ini. Ada Jude Bellingham, Declan Rice, dan Harry Kane.

Pelatih Inggris, Gareth Southgate, mendapat kecaman sejumlah penggemar lantaran tak memanggil sejumlah nama potensial ke timnas.

Salah satunya ialah gelandang Manchester United, Kobbie Mainoo, yang perlahan sudah mendapat tempat utama di tim MU. Pada saat yang sama, Southgate justu masih memasukkan gelandang gaek, Jordan Henderson.

Southgate lalu angkat suara, bahwa keputusannya diambil dengan penuh kehati-hatian. Menurutnya, Mainoo masih kurang berpengalaman untuk diangkut ke tim senior The Three Lions.

Baca juga : Setan Merah Diminta Cepat Rekrut Ollie Watkins

Kendati musim ini Mainoo sudah tampil 14 kali di Liga Inggris, 2 di Liga Champion, dan 4 kali di Piala FA.

“Saya pikir dia tampil cemerlang untuk pemain muda, dan kami tidak pernah lambat untuk memasukkan pemain muda ke dalam skuad senior, tapi dia (Mainoo) hanya menjalani beberapa pertandingan, dan Anda harus sangat berhati-hati dalam mengambil keputusan pada waktu yang tepat,” kata Southgate dikutip dari Metro, Kamis (14/3/2024).

Sementara itu, Timnas Brazil mengalami perubahan cukup signifikan jelang laga pekan ini. Lima pemain yang sebelumnnya masuk dalam pemanggilan 1 Maret 2024, kini harus dicoret.

Mereka adalah Casemiro, Marquinhos, Ederson Moraes, Gabriel Martinelli dan, Gabriel Magalhaes. Mereka absen dengan berbagai alasan.

Sebelum ini Timnas Brasil juga sudah kehilangan beberapa pemain kunci karena cedera. Di antaranya kiper Liverpool, Alisson Becker, hingga penyerang Al Hilal, Neymar Jr.

Prediksi Susunan Pemain 

Timnas Inggris (4-3-3) : Pickford; Walker, Stones, Maguire, Gomez; Foden, Beras, Bellingham; Bowen, Watkins, Rashford.
Pelatih: Gareth Southgate.

Timnas Brazil (4-3-3) : Bento; Danilo, Bremer, Beraldo, Wendell; Guimaraes, Luiz; Raphinha, Rodrygo, Vinicius Jr; Richarlison.
Pelatih: Dorival Junior.

5 Pertemuan Terakhir 

15/11/17 Inggris 0-0 Brasil (Friendly)
03/06/13 Brasil 2-2 Inggris (Friendly)
07/02/13 Inggris 2-1 Brasil (Friendly)
15/11/09 Brasil 1-0 Inggris (Friendly)
02/06/07 Inggris 1-1 Brasil (Friendly).

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.