Dark/Light Mode

BRI Liga 1

PSIS Semarang Vs Persib, Duel Menuju Peringkat 2

Selasa, 27 Februari 2024 11:09 WIB
Para pemain Persib Bandung. (Foto : Ist)
Para pemain Persib Bandung. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Malam ini, Selasa (27/2), kick off pukul 19.00 WIB, PSIS Semarang wajib meraih poin jika tidak mau digusur Persib di papan atas klasemen.

Mahesa Jenar, julukan PSIS Semarang akan dijamu Persib Bandung pada laga pekan ke-26 BRI Liga 1 2023/24 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

Saat ini, PSIS masih ada di peringkat ke-2 dengan 43 poin koleksinya. Tim kebanggaan masyarakat Semarang ini juga tengah dalam tren bagus dengan empat laga tak terkalahkan yakni 1 kali menang dan 3 kali imbang.

Sedangkan sang tuan rumah Maung Bandung tengah dalam grafik yang kurang meyakinkan dengan mencatat 4 kali imbang dan 1 kali kalah pada 5 laga terakhirnya. Saat ini Persib ada di peringkat ke-3 dengan 42 poin yang artinya siap menggusur PSIS sewaktu-waktu.

Ini yang membuat anak asuh Gilbert Agius tak mau lengah dan bakal fight. “Persiapan terbilang singkat. Karena kita main 4 hari lalu dan waktu recovery 3 hari saja. Dan lawan Persib yang merupakan tim yang bagus dan tangguh, PSIS sudah siap tempur,” kata pelatih PSIS, Gilbert Agius. 

Baca juga : RANS Vs Dewa United, Perjuangan Di Papan Tengah

Pelatih asal Malta ini juga menyebutkan jika tentunya ada banyak pihak yang tak menyangka PSIS ada di peringkat ke-2. 

“Mungkin banyak yang tak menyangka PSIS kini ada di peringkat kedua, ini mungkin adalah sebuah kejutan. Tapi, kami mempersiapkan diri untuk laga yang sulit nanti. Persib adalah salah satu tim terbaik di Indonesia dengan manajemen bagus, organisasi solid, stadion yang bagus hingga suporter yang fanatik,” Gilbert Agius menambahkan.

Dia juga menggarisbawahi bahwa PSIS akan mencoba menampilkan performa terbaiknya di laga lawan Persib nanti. 

“Saat ini Persib mencatat 5 laga dengan hasil 4 kali imbang 1 kali kalah. Namun harus diingat juga bahwa Persib sebelumnya juga mampu mencatat 14 laga tak terkalahkan,” tegasnya.

Di sisi lain, jelang laga lawan Persib, kabar kurang sedap menyelimuti PSIS. Adalah sosok pemain asing asal Brasil, Vitinho yang dipastikan akan absen hingga akhir musim.

Baca juga : PSS Sleman Vs Persita, Misi Elang Menjauh Zona Degradasi

Vitinho mengalami cedera lutut saat melakukan latihan di Semarang beberapa waktu lalu. Setelah melakukan beberapa observasi dan pemeriksaan, tim dokter PSIS mengambil kesimpulan bahwa Vitinho mengalami cedera lutut dan harus menjalani operasi yang menyebabkan pemain asal Brasil ini harus absen hingga akhir musim.

"Beberapa waktu lalu, dia mengalami salah tumpuan kemudian kaki kanan seperti suara robek dan langsung terjatuh. Hasil MRI pada lutut kanan, Vitinho harus operasi dan absen hingga akhir musim,” kata dokter tim PSIS, Radityo Haryo.

Sementara Persib berusaha menyudahi puasa kemenangan mereka dalam lima pertandingan terakhir. 

Ini adalah momen yang tepat karena Maung Bandung akan bermain di kandang sendiri. Andai mampu keluar sebagai pemenang dalam laga melawan PSIS nanti, maka akan membuat Persib duduk di peringkat kedua klasemen.

Namun hal itu dikatakan sang pelatih Bojan Hodak tidak akan mudah. Ia mengamati PSIS juga punya perlawanan yang ketat saat main tandang. Mulai dari penyerangan yang berbahaya mengandalkan kecepatan-kecepatan, hingga pertahanan terorganisir. 

Baca juga : Bhayangkara FC Vs Borneo, Deul Langit Lawan Bumi

“Pemenang akan ada di posisi dua tapi itu tidak akan mudah karena PSIS adalah tim bagus. Mereka punya pemain-pemain sangat cepat dan berbahaya dalam serangan balik. Kami harus waspada dan berhati-hati,” kata Bojan Hodak. 

Bek senior Persib Nick Kuipers memandang penting untuk timnya memperbaiki mentalitas tim dengan cara menang. Nick yakin hanya dengan kemenangan timnya bisa kembali mendapatkan mental bertarung yang lebih besar menyelesaikan babak reguler yang tinggal menyisakan beberapa laga lagi.

“Tentunya akan menjadi pertandingan yang sulit, ini pertandingan yang sangat penting untuk kami, memperbaiki mentalitas kami pemain, jika bisa menang kami akan mendapatkan kekuatan besar, kami bisa berada di urutan kedua,” terangnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.