Dark/Light Mode

Tahan China, Erick Thohir: Penampilan Timnas U-20 Terus Meningkat

Sabtu, 23 Maret 2024 05:37 WIB
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. (Foto : Ist)
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menilai penampilan timnas U-20 terus menunjukkan performa ke arah lebih baik.

Itu ditunjukkan dari kemampuan timnas U-20 saat menahan timnas Republik Rakyat China (China) dalam laga International Friendly Match FIFA di Stadion Madya Bung Karno, Jakarta, Jumat (22/3) malam. Duel berakhir dengan skor 1-1.

Di laga ini, timnas China unggul lebih dulu lewat Peng Xiao. Dia membobol gawang Indonesia pada menit  ke-14.

Skuad Garuda Muda kemudian membalas dengan memanfaatkan hadiah tendangan penalti pada menit 91 atau babak pertambahan waktu.

Figo Dennis Saputrananto sukses memanfaatkan penalti. Tendangannya tak terbendung penjaga gawang China, Xie Gongbo. Kedudukan pun berubah imbang 1-1 hingga pertandingan berakhir.

Baca juga : Indonesia Bekap Vietnam, Rizky Ridho: Perjalanan Timnas Masih Panjang

Duel uji coba dengan China U-20 ini rencananya digelar dua kali pada Jumat (22/3) dan Senin (25/3). 

"Ada peningkatan, tetapi saya mengharapkan jauh lebih baik dari ini. Tadi selain bermain keras, perlu bermain tim dengan baik. Beberapa pemain sudah main di Liga 1, jadi mereka punya skill yang luar biasa," kata Erick Thohir.

Menurut Erick, saat ini, tim nasional dari Asia terus berbenah dan memperbaiki diri. Mereka secara fisik keras.

Contohnya Timnas Senior Vietnam saat duel Kualifikasi Piala Dunia 2026 kemarin di Jakarta. Demikian juga dengan Timnas U-20 China yang main lawan timnas Indonesia.

Menurut Erick, Itu harus diimbangi oleh pemain Indonesia agar ikut bermain keras.

Baca juga : Jadi WNI, Thom Haye Dan Ragnar Siap Bawa Timnas Mendunia

"Bukan bermain kasar ya, tetapi bermain keras. Kalau kita tidak berani bermain keras, maka pasti kita tidak bisa mendapatkan permainan yang sepadan. Jadi tidak hanya skill, tetapi berani main fisik keras dan permainan tim," ujarnya.

Khusus terkait pertandingan Timnas U-20 malam ini, Erick mengatakan, ini merupakan pertandingan ketiga dalam upaya meraih target masuk Piala Dunia. 

Untuk itu, Indonesia melaksanakan persiapan yang serius. Antara lain dengan menggelar Training Center di Indonesia dan Qatar, lalu uji tanding melawan Thailand dan Uzbekistan, dan terbaru adalah melawan Timnas U-20 China.

Skuad Garuda Muda yang diasuh Indra Syafri dipatok dua agenda besar. Pertama, memburu gelar juara di Piala AFF U-19 2024 yang digelar di Indonesia.

Target ini bukan mimpi di siang bolong, mengingat Indonesia pernah mencicipi manisnya juara pada tahun 2013.

Baca juga : Lawan Vietnam, Thom Haye Dan Ragnar Baru Main Di Leg Kedua

Kedua, lolos ke Piala Dunia U-20 2025 di Chile. Tiket menuju turnamen bergengsi ini bisa diraih dengan menembus babak semifinal Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.
 
Susunan pemain.

Indonesia : Ikram Al Giffari, Dony Tri Pamungkas, Muh Mufli Hidayat, Muhammad Iqbal Gwijangge, Ari Yansyah Abdulmanan, Dani Saputra, M Riski Afrisal, Muhammad Kafiatur Rizky, Rahmat Syawal, Sulthan Zaky Pramana Putra Razak, dan Arkhan Kaka Putra Purwanto. 

Pelatih : Indra Safri. 

China: Xie Gongbo, He Yiran, Liu Tiecheng, Peng Xiao, Xu Junchi, Chen Zeshi, Xia Zihao, Ye Daoxin, Liu Cheng, Tang Rui, dan Zong Wen. 

Pelatih : Dejan Djurdjevic.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.