Dark/Light Mode

Jelang Lawan Vietnam Leg Kedua, Skuad Garuda Naik Peringkat

Minggu, 24 Maret 2024 05:44 WIB
Para pemain timnas Indonesia. (Foto : ist)
Para pemain timnas Indonesia. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Keberhasilan Timnas Indonesia mengalahkan Vietnam 1-0 dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (12/3/2024) malam, berdampak pada naiknya peringkat skuad Garuda.

Dikutip dari footy Rankings yang merupakan database update rangking FIFA dalam ajang kompetisi asia. Kemenangan tim asuhan Shin Tae-yong (STY) berkat gol tunggal Egy Maulana Vikri di menit 52 itu membuahkan poin sebesar 15.37.

Total poin Timnas Indonesia kini menjadi 1088.03 dari yang sebelumnya 1072.66 poin. Penambahan poin ini membuat posisi ranking Indonesia juga bergeser dari yang sebelumnya berada di 142 berpindah ke posisi 138 dunia.

Sementara, Vietnam mendapatkan pengurangan poin sebesar -15.37 membuat poin sebelumnya yang mengoleksi 1194.58 menjadi 1179.21.

Baca juga : Tim Garuda Siap Akhiri Kutukan

Ranking yang dimiliki oleh Vietnam juga turut mengalami penurunan dari yang sebelumnya berada di posisi 99 dunia menjadi 112.

Selain itu, kemenangan 1-0 atas Vietnam membuat posisi Indonesia di grup F naik di urutan kedua dengan koleksi empat poin. Posisi puncak klasemen masih dipegang Irak dengan 9 poin.

Sedangkan Vietnam berada di posisi ketiga koleksi 3 poin dan Filipina berada di posisi empat dengan 1 poin. Hasil positif Timnas Indonesia ini diharapkan dapat terus berlanjut.

Terutama saat kembali melawan Vietnam pada leg kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup F Zona Asia di Stadion Nasional My Dinh, Selasa, 26 Maret mendatang. 

Baca juga : Indonesia Vs Vietnam, Kemenangan Harga Mati

Timnas Indonesia sendiri sudah bertolak ke Hanoi, Vietnam pada Sabtu (23/3) ini dengan menggunakan pesawat carter Garuda Indonesia dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. 

Skuad Garuda langsung menuju hotel tempat menginap untuk beristirahat. Pada malam hari ini juga direncanakan menggelar latihan. 

Pelatih Shin Tae-yong juga menambah amunisi dengan memanggil kiper Ernando Ari dari Persebaya Surabaya.

Indonesia akan melawan Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa (27/3) mendatang. Pada pertemuan pertama di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (21/3) lalu, skuad Garuda menang 1-0 lewat gol Egy Maulana. 

Baca juga : Garuda Kobarkan Semangat Tinggi

Saat ini Indonesia berada di peringkat 2 di Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan mengemas 4 poin.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.