Dark/Light Mode

Vietnam Vs Indonesia, Garuda Mau Akhiri Kutukan 19 Tahun

Selasa, 26 Maret 2024 06:40 WIB
Pemain Timnas Indonesia melakukan selebrasi usai menang melawan Vietnam. (Foto: Antara Foto/Hafidz Mubarak A/foc)
Pemain Timnas Indonesia melakukan selebrasi usai menang melawan Vietnam. (Foto: Antara Foto/Hafidz Mubarak A/foc)

 Sebelumnya 
Pemain naturalisasi Ragnar Oratmangoen mengaku tidak sabar untuk debut bersama Timnas Indonesia melawan Vietnam. Pemain klub Fortuna Sittard itu sudah tak sabar mem­bela Merah Putih dalam lanjutan putaran kedua kualifikasi Piala Dunia di Grup F.

“Saya sangat senang, bangga bisa berada di sini (timnas). Saya harap saya bisa mendapatkan debut saya bersama timnas saat di Vietnam. Insya Allah bisa menjadi kenangan yang indah untuk saya,” kata Ragnar.

Yang patut diwaspadai Indonesia, tuan rumah cukup percaya diri karena memiliki rekor kandang ciamik saat menghadapi Indonesia. Selama menjamu Skuad Garuda, The Golden Star Warriors julukan Vietnam, belum pernah terka­lahkan dalam 19 tahun terakhir. Namun demikian, STY memiliki ambisi yang besar untuk mema­tahkan kutukan tersebut.

Baca juga : Martinator Juara, Pecco Legowo

Tapi kalau dilihat dari rekor pertemuan, Indonesia tidak terlalu buruk. Bagi kedua tim, ini laga ke-30 dalam catatan 11v11. Indonesia unggul head to head atas Vietnam dengan catatan 10 kemenangan, 11 hasil imbang, dan delapan kali menelan kekalahan.

Sedangkan, dalam lima per­tandingan terakhir, Indonesia mampu unggul atas Vietnam. Tim Merah-Putih menang dua kali, imbang dua kali, dan kalah sekali.

Sementara itu, pemain Vietnam, Do Hung Dung meminta dukungan penuh para pengge­mar saat Vietnam menjamu Indonesia. Dia menegaskan jika The Golden Stars bakal tampil habis-habisan di pertandingan krusial ini.

Baca juga : Hasbi Hasan Fitnah, Sengaja Cari Sensasi

“Semangat tim Vietnam adalah selalu berusaha berjuang sampai akhir dan pantang me­nyerah. Tim akan mendapatkan kembali hak menentukan nasib sendiri dengan menang melawan Indonesia di kandang sendiri pada 26 Maret. Kami berharap para penggemar akan datang ke stadion dalam jumlah besar untuk mendukung tim,” kata Hung Dung dikutip dari Bongda.

Tekad yang sama juga di­ungkapkan kiper Vietnam, Filip Nguyen. Kiper berusia 31 tahun itu menegaskan tu­juan The Golden Star Warriors adalah jelas balas dendam lawan Timnas Indonesia.

“Tujuan pertandingan beri­kutnya adalah meraih tiga poin,” tegas Nguyen.

Baca juga : Soal Gibran, Anies-Ganjar Belum Bisa Move On

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa, 26 Maret 2024 dengan judul Vietnam Vs Indonesia, Garuda Mau Akhiri Kutukan 19 Tahun

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.