Dark/Light Mode

Piala FA

Man United Vs Coventry City, Mencari Obat Pelipur Lara

Kamis, 18 April 2024 14:06 WIB
Para pemain Manchester City. (Foto : Ist)
Para pemain Manchester City. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Manchester United siap menantang Coventry City pada duel semi final FA Cup atau Piala FA Inggris 2023/2024 yang bakal dihelat di Stadion Wembley, London, pada Minggu (21/4/2024), pukul 21.30 WIB.

Duel ini bisa diakses live streaming di TV Online, beIN Sports dan Vidio.

Manchester United sedang haus akan perburuan gelar juara musim ini. Setelah gagal meraih Liga Inggris karena hanya berkutat di papan tengah, Setan Merah juga alami kegagalan di fase babak penyisihan grup Liga Champions.

Pertandingan semifinal melawan Coventry City jelas jadi laga hidup mati anak asuh Erik ten Hag. Kemenangan melawan Coventry semakin membuka peluang Setan Merah untuk mengobati luka meraih gelar musim ini.

Pertandingan Semifinal Piala FA 2023/2024, antara Manchester United vs Coventry, diprediksi bakal berjalan alot.

Sebelumnya Manchester United lolos ke final dengan cara paling berat di antara semua semifinalis Piala FA 2023/2024.

Mereka menjadi satu-satunya tim yang lolos melalui babak perpanjangan waktu, setelah mengalahkan Liverpool 4-3 di Stadion Old Trafford.

Di bawah asuhan Erik ten Hag, MU bahkan harus berjuang keras setelah tertinggal 1-2 dan 2-3 dalam pertandingan tersebut.

Namun, gol yang dicetak oleh Marcus Rashford pada menit ke-112 mampu menyamakan kedudukan.

Baca juga : Ditahan Man United, Si Merah Gagal Geser Arsenal

Gol penentu kemenangan akhirnya diciptakan oleh Amad Diallo pada menit ke-120+1, yang juga menghindarkan pertandingan dari adu penalti.

Keberhasilan ini membawa MU melaju ke semifinal Piala FA untuk kedua kalinya secara beruntun. Musim sebelumnya, mereka berhasil mengalahkan Brighton & Hove Albion di semifinal melalui adu penalti. Kini, Manchester United tentu berharap dapat mengulangi prestasi tersebut.

Sementara itu, Coventry melaju ke semifinal Piala FA 2023/2024 setelah memenangkan pertandingan dramatis 2-3 di markas Wolverhampton.

Dua gol pada masa injury time, melalui Ellis Simms pada menit ke-90+7 dan Haji Wright pada menit ke-90+10, menjadi penentu kemenangan bagi tim berjuluk The Sky Blues ini.

Semifinal lainnya akan mempertemukan Chelsea dan Manchester City. Chelsea secara dramatis lolos ke semifinal setelah menyingkirkan Leicester City 4-2 di Stamford Bridge. 

Secara rekor pertemuan, MU juga lebih unggul ketimbang Coventry. Kedua tim ini sempat bertemu dalam 6 pertandingan Piala FA. Hasilnya, Manchester United merebut 4 kemenangan, Coventry 1 kali menang, dan 1 laga lain berakhir imbang.

Namun tetap saja tak boleh menganggap remeh Coventry. Pasalnya pertemuan terakhir kedua tim di Piala FA edisi 1986/1987 di babak ke-4 berhasil dimenangi Coventry 0-1. Bahkan saat itu MU berstatus sebagai tuan rumah.

Selain itu, Coventry juga berambisi berburu sejarah di laga ini. Mereka ingin menjadi tim Championship pertama yang sanggup lolos ke final Piala FA sejak edisi 2007/2008. 

Pada musim tersebut Cardiff City menjadi tim terakhir dari Championship, serta tim selain dari Premier League yang bisa bermain di final Piala FA. Sayang sekali, ketika itu di final Cardiff dikalahkan Portsmouth wakil Premier League, dengan skor 1-0.

Baca juga : Newcastle United Vs West Ham, Beburu Tiket Liga Europa

“Kami tidak terlalu bodoh untuk memahami bahwa peluang kami kecil di semifinal. Saya memang memperkirakan laga berlangsung berat, tapi kami harus menikmatinya,” kata pelatih Coventry City, Mark Robins, di laman resmi klub.

Sedangkan di kubu Manchester United, pelatih Erik ten Hag bingung, para pemainnya pun lebih bingung lagi dengan permainan tim Setan Merah yang sulit sekali bersahabat dengan kemenangan.

Manchester United hanya meraih satu kemenangan dari tujuh pertandingan terakhir mereka, meraih tiga poin dari empat bentrokan terkini, termasuk lagi-lagi bermain imbang saat meladeni Bournemouth.

Itu jelas bukan sesuatu yang diinginkan mereka, tapi yang lebih ironis, The Red Devils bukannya tidak tampil apik selama periode itu.

Dari tujuh laga terakhir yang dilakoni anak-anak asuh Erik ten Hag, mereka bisa memproduksi tembakan ke lawan-lawannya itu mencapai 20 shot, paling bagus bahkan pernah di atas 30 shot.

Nahas, meski mendapatkan deretan peluang, semua terasa sia-sia lantaran Manchester United hanya bisa meraih satu kemenangan dari tujuh laga teraktual. 

Namun, Coventry City telah membuktikan bahwa mereka tidak layak dipandang sebelah mata. Pada pertandingan sebelumnya menghadapi Wolverhampton, Coventry comeback dari ketinggalan 1-2 di tiga menit terakhir waktu normal.

“Jika anda ingin berada di final anda harus memenangi semifinal,” ucap pelatih Manchester United, Erik ten Hag kepada ITV. “Kami harus memainkan permainan terbaik kami.”

“Kita sudah melihat Coventry di pertandingan kemarin, bagaimana mereka lolos, sebuah tim yang sangat bagus,” lanjutnya.

Baca juga : Aguero: Bukan Duel Penentu Gelar Juara

“Mereka punya semangat bagus, mentalitas yang sangat bagus. Pertandingan nanti akan sulit, tapi kami ingin ke final jadi kami harus bersiap sebaik-baiknya, dan memainkan permainan terbaik,” tandas pelatih asal Belanda itu menjelaskan.

Prediksi Susunan 

Coventry City (3-4-1-2) : Bradley Collins; Bobby Thomas, Joel Latibeaudiere, Liam Kitching; Josh Eccles, Liam Kelly, Victor Torp, Jake Bidwell; Kasey Palmer; Haji Wright, Ellis Simms. 

Pelatih: Mark Robins.

Manchester United (4-2-3-1) : Andre Onana; Diogo Dalot, Raphael Varane, Harry Maguire, Victor Lindelof; Kobbie Mainoo, Casemiro; Alejandro Garnacho, Bruno Fernandes, Marcus Rashford; Rasmus Hojlund.

Pelatih: Erik ten Hag.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.