Dark/Light Mode

Allegri : Juventus Punya DNA Juara

Kamis, 16 Mei 2024 12:32 WIB
Para pemain Juventus juara Coppa Italia. (Foto : ist)
Para pemain Juventus juara Coppa Italia. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelatih Massimiliano Allegri menorehkan prestasi bersama Juventus usai menjuarai Coppa Italia 2023/2024.

Tim berjuluk La Vecchia Signora itu mengandaskan Atalanta dengan skor 1-0 pada pertandingan final, di Stadion Olimpico, Kamis (16/5/2024) dini hari WIB.

Gol kemenangan Juventus atas Atalanta tercipta di babak pertama lewat aksi Dusan Vlahovic.

Allegri mengaku sangat bahagia membawa Juventus bisa menjuarai Coppa Italia 2024. “Di Juventus, kemenangan adalah yang terpenting. Saya sangat bahagia untuk para pemain, mereka melakukan pekerjaan bagus, membuat klub dan fans bahagia,” tutur pelatih Juventus, Massimiliano Allegri kepada Sport Mediaset, dikutip dari Football Italia.

“Saya sangat senang dengan malam ini karena tidak pernah mudah untuk menang, tetapi itu ada dalam DNA Juventus,” kata Allegri.

Baca juga : Hore, Juventus Juara Coppa Italia

Keberhasilan membawa Juventus juara Coppa Italia membuat Allegri menjadi pelatih tersukses pada ajang Coppa Italia.

Massimiliano Allegri menjadi pelatih pertama dalam sejarah yang memenangi Coppa Italia sebanyak lima kali (menyalip Sven-Göran Eriksson dan Roberto Mancini, keduanya dengan empat kali).

Bagi Juventus, ini merupakan trofi Coppa Italia ke-15 mereka sepanjang sejarah. Bianconeri pun semakin menahbiskan diri menjadi kolektor juara Coppa Italia terbanyak.

Juventus semakin jauh meninggalkan dua pesaing terdekat mereka, yakni AS Roma dan Inter Milan yang sama-sama sudah sembilan kali menjadi kampiun Coppa Italia.

Dari total 15 gelar tersebut, lima diantaranya diraih Juventus bersama Allegri. Dilansir oleh Opta, Allegri pun mencatatkan sejarah sebagai pelatih pertama yang menjuarai Coppa Italia sebanyak lima kali.

Baca juga : Hasil Liga Italia: Juventus Dan Atalanta Tembus Zona Eropa

Jumlah gelar Coppa Italia Allegri melewati Sven-Goran Ericson dan Roberto Mancini (empat). Ia memenanginya pada musim 2014/2015, 2015/2016, 2016/2017, 2017/2018, 2023/2024.

Trofi juara Coppa Italia ini bisa jadi merupakan persembahan terakhir Massimiliano Allegri untuk Juventus. Pasalnya, banyak rumor yang menyebut Allegri akan hengkang di akhir musim ini.

Gelar juara kali ini merupakan trofi ke-12 yang dipersembahkan Allegri bagi Juventus dalam dua periode kepelatihannya bersama Bianconeri, atau trofi pertama di periode keduanya menangani Juve.

Total, Allegri lima kali membawa Juventus menjuarai Coppa Italia. Prestasi ini melengkapi koleksi trofi Allegri di Juve lainnya yakni, lima kali Scudetto dan dua kali juara Supercoppa Italiana.

Massimiliano Allegri mengatakan bahwa Juventus layak merengkuh trofi Coppa Italia 2023/2024, setelah performa yang ditunjukkan di sepanjang pertandingan. Selain bangga dengan hasil pertandingan tersebut, sang pelatih juga memberi sinyal soal masa depannya di klub.

Baca juga : Aston Villa Vs Liverpool, Duel Penentu Peluang Juara

“Saya sangat senang untuk para pemain, mereka bekerja dengan baik, membuat klub dan para penggemar bahagia. Saya sangat senang dengan malam ini, karena tidak pernah mudah untuk menang, tetapi itu ada dalam DNA Juventus,” tutur Massimiliano Allegri usai laga.

Allegri telah mencetak sejarah sebagai pelatih pertama yang memenangkan Coppa Italia dalam lima kesempatan berbeda, semuanya bersama Juventus, sementara Roberto Mancini dan Sven-Goran Eriksson hanya meraih empat kali.

Ini adalah edisi ke-15 bagi Bianconeri, yang masih menjadi klub tersukses dalam sejarah kompetisi ini, namun mereka belum pernah memenangkan trofi dalam tiga tahun terakhir.

“Para pemain layak mendapatkan pujian, karena mereka menginginkan trofi ini,” sambung Allegri.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.