Dark/Light Mode

Badminton Singapore Open 2024

Jorji Melangkah Mulus, Ginting Dan Chico Tergilas

Jumat, 31 Mei 2024 06:30 WIB
Gregoria Mariska Tunjung. (Foto: PBSI)
Gregoria Mariska Tunjung. (Foto: PBSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pebulutangkis tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung melaju mulus ke perempat final Singapore Open 2024. Gregoria mengandaskan wakil Taiwan Pai Yu Po dua gim, 21-10, 21- 16. Sementara, dua tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting dan Chico Aura Dwi Wardoyo harus tersingkir.

Bermain di Singapore Indoor Stadium, kemarin, Gregoria bermain sangat percaya diri sejak awal pertandingan. Pebulutangkis yang kerap disapa Jorji ini langsung tancap gas me­nyerang untuk menekan lawan dan berhasil unggul 8-1. Variasi smash silang dan dropshot tajam menyulitkan Pai. Atlet pelatnas asal Wonogiri ini terus memper­lebar keunggulan menjadi 12-3.

Poin demi poin terus didapat Jorji -sapaan Gregoria-dengan mudah. Hasilnya, tanpa kesuli­tan berarti dia menjauh di angka 16-7 dan kemudian menutup gim pertama dengan skor telak 21-10.

Di gim ke-2, Gregoria masih mendominasi dan unggul 4-0. Meski Pai mulai memberikan perlawanan dan terjadi reli-reli panjang, pemain kelahiran Wonogiri, Jawa Tengah itu terus memimpin di angka 9-3 dan 11-5 di saat interval.

Baca juga : Edan Nih, Israel Niat Gempur Terus Gaza

Usai jeda, Pai bisa keluar dari tekanan dan mengembangkan permainannya hingga mampu memangkas ketertinggalannya menjadi 11-13. Tapi, tunggal pu­tri terbaik Indonesia itu dengan cepat berhasil menekannya lagi dan menjauh dengan keunggulan 17-11.

Tak menyerah begitu saja, Pai coba memberi perlawanan. Dia kembali mendekati Gregoria di angka 15-17. Beruntung Gregoria bisa menampilkan permainan terbaiknya lagi di poin-poin kritis. Hasilnya, pe­main berusia 24 tahun itu sukses mengunci kemenangannya di gim kedua dengan skor 21-16.

“Kali ini saya cukup percaya diri dengan apa yang saya coba tampilkan di lapangan,” kata Gregoria usai bertanding.

Dia bilang, lawannya terlihat sekali tidak nyaman dengan kondisi angin di lapangan tiga. Itu membuatnya nyaman untuk menjalankan rencana permain­annya.

Baca juga : Perusahaan Amerika Dituntut Bayar 113,8 Juta Dolar Amrik

Lebih lanjut, tunggal putri peringkat sembilan dunia itu tak mengelak bahwa di gim ke-2 dia banyak melakukan kesalahan. Kendati demikian, dia bisa mengontrol permainan secara keseluruhan. “Agak ragu-ragu pukulannya di gim kedua karena angin berhembus cukup kencang,” ujarnya.

Dia berharap bisa menjaga performanya. Agar lebih konsisten lagi demi laga yang dia akan lakoni menjelang Olimpiade Paris 2024. Pasalnya, menurut Gregoria, dia merasa performa yang naik turun di beberapa turnamen belakangan. Dia ingin melakukan hal yang lebih di setiap turnamen.

“Setiap pertandingan baik menang maupun kalah, saya ingin belajar terus sampai ke Olimpiade nanti,” kata juara Kumamoto Jepang Masters 2023 itu.

Di sektor tunggal putra, wakil Indonesia habis. Harapan yang tersisa pada Anthony Sinisuka Ginting dan Chico Aura Dwi Wardoyo pupus. Ginting kalah dari wakil Malaysia Leong Jun Hao melalui rubber game 14-21, 21-10, 8-21. Sedangkan, Chico takluk dari unggulan ke-5 asal Jepang Kodai Naraoka, juga me­lalui rubber game 21-17, 9-21, 12-21.

Baca juga : Tasya Novianti Putri, Didiskualifikasi Karena Dugaan Skandal Pelakor

Usai kekalahan itu, Ginting bertekad memperbaiki dan me­mantapkan performa jelang Olimpiade Paris 2024. “Pastinya ada performa yang saya belum puas,” akunya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat, 31 Mei 2024 dengan judul Badminton Singapore Open 2024, Jorji Melangkah Mulus, Ginting Dan Chico Tergilas

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.