Dark/Light Mode

Piala Eropa 2024, Ilkay Gundogan Geser Manuel Neuer

Senin, 3 Juni 2024 10:34 WIB
Ilkay Gundogan. (Foto : Ist)
Ilkay Gundogan. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelatih ad interim Timnas Jerman, Julian Nagelsmann, menunjuk bintang Barcelona, Ilkay Gundogan, sebagai Kapten Timnas Jerman alias Die Mannschaft pada perhelatan Piala Eropa 2024 atau Euro 2024.

Pemain sekelas Manuel Neuer memang masuk ke skuad Der Panzer di Euro 2024, tapi jabatan kapten tetap jadi milik Ilkay Gundogan.

Baca juga : Piala Eropa 2024, Buffon Cuek Italia Tak Diunggulkan

Setelah Julian Nagelsmann ditunjuk jadi pelatih interim Jerman tahun lalu, Neuer memang sempat dikabarkan terancam akan dicoret. Keduanya memang tidak akur karena perselisihannya semasa di Bayern Munchen.

Tapi, pada prosesnya, Neuer tetap dipanggil ke skuad Die Mannschaft untuk tampil di Piala Eropa 2024 ini. Statusnya sebagai salah satu pemain senior dengan 117 caps jadi alasan pemanggilan. Selain itu kemampuan Neuer masih dianggap yang terbaik di antara kiper-kiper Jerman saat ini. 

Baca juga : Piala Eropa 2024, Donnarumma Didaulat Jadi Kapten Timnas Italia

Kembalinya Neuer ke tim memunculkan isu kalau posisi kapten yang belakangan dijabat Gundogan akan berpindah lagi.

Tapi, Julian Nagelsmann buru-buru meredam isu itu dengan memastikan Gundogan akan jadi kapten Jerman dengan dua wakil kapten, yakni Joshua Kimmich dan Thomas Mueller. Ketiganya dianggap mewakili para pemain senior di tim Jerman saat ini.

Baca juga : Piala Eropa 2024, Bek Inter Milan Francesco Acerbi Absen Bela Italia

“Kami akan tetap mempertahankan (formasi kapten tersebut),” ujar Julian Nagelsmann seperti dikutip AP.

Ilkay Gundogan akan memimpin rekan-rekannya menghadapi Ukraina (Senin, 3 Juni 2024) dan Yunani (Jumat, 7 Juni 2024) sebagai persiapan jelang Euro 2024. Jerman di Grup A akan bertemu Skotlandia, Hungaria, dan Swiss.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.