Dark/Light Mode

Piala Eropa 2024

Belanda Vs Kanada, Negeri Kincir Angin Mau Manasin Mesin

Kamis, 6 Juni 2024 05:44 WIB
Para pemain timnas Belanda. (Foto : Ist)
Para pemain timnas Belanda. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Belanda akan menjamu Kanada dalam duel uji coba jelang Euro 2024 di Stadion De Kuip, Feyenoord, Rotterdam, Belanda, Jumat (7/6) dini hari nanti.

Tim Oranye bertekad melanjutkan kemenangan sebagai modal menyambut pertandingan sesungguhnya di Jerman. Pelatih Timnas Belanda, Ronald Koeman ingin mengulangi kesuksesan di Euro 1988 dengan membawa De Oranje menjuarai Euro 2024.

Belanda tergabung di Grup D bersama Austria, Polandia, dan Prancis. Banyak pihak meragukan Timnas Belanda bisa menjadi juara di Euro 2024. Ronald Koeman tahu tentang itu.

“Tentu saja, kami bukan favorit, tapi saya pikir kami tidak jauh dari mereka yang menjadi favorit,” ujar Koeman seperti dilansir Reuters pada Selasa, 4 Juni 2024.

Dia menambahkan, prestasi tersebut bisa kembali diraih jika para pemain Timnas Belanda berjuang keras serta segala hal selama kompetisi berjalan dengan baik.

Baca juga : Southgate Happy, Tapi Pusing Pilih Skuad

“Tidak ada yang tak mungkin, tapi itu harus berjalan dengan baik. Akan selalu ada momen keberuntungan yang bisa menguntungkan Anda atau tidak,” ujarnya.

Ketika Belanda menjuarai Euro 1988, Koeman masih menjadi pemain. Dia berposisi sebagai bek. Kala itu, De Oranje diperkuat oleh pemain yang memiliki bakat individu seperti Marco van Basten dan Ruud Gullit.

Saat menjuarai Euro 1988, Belanda terkenal dengan permainan menyerang bernama Total Football. Ronald Koeman mengakui bahwa sepak bola memang seharusnya menghibur, tetapi kemenangan adalah yang terpenting.

“Niatnya harus selalu bermain bagus dan menghibur penonton. Tapi, kalau tidak bisa menang dengan bermain bagus dan menyerang, maka itu tidak bisa dipaksakan,” ucap Koeman.

“Kami bisa memainkan banyak sistem. Mungkin saja kami bermain dengan tiga, empat, atau lima pemain di belakang.”

Baca juga : Piala Eropa 2024, Ilkay Gundogan Geser Manuel Neuer

“Kami memiliki sekelompok pemain berusia akhir 20-an dan awal 30-an. Itu adalah dasar dari skuad ini. Anda membangun generasi muda di sekitar itu dan anda menciptakan hierarki yang jelas dalam grup,” tuturnya.

Kesiapan Frenkie de Jong dan Memphis Depay dipertanyakan karena mereka mengalami cedera. De Jong mengalami cedera kaki ketika El Clasico Barcelona kontra Real Madrid pada April 2024.

Sedangkan Depay dari Atletico Madrid sudah kembali bermain di pekan terakhir Liga Spanyol. Belanda akan memulai Euro 2024 melawan Polandia pada Minggu, 16 Juni 2024.

Frenkie De Jong belum juga pulih dari cedera pergelangan kaki. Gelandang Barcelona dan Timnas Belanda itu berpacu dengan waktu untuk tampil di Euro 2024.

De Jong mengalami cedera pergelangan kaki untuk ketiga kalinya saat Barcelona kalah dari Real Madrid pada April lalu. Cedera tersebut membuatnya harus mengakhiri musim 2023/2024 lebih cepat.

Baca juga : Piala Eropa 2024, Donnarumma Didaulat Jadi Kapten Timnas Italia

Meski belum pulih, De Jong tetap masuk ke skuad Belanda untuk Euro 2024. Ronald Koeman tetap memasukkan nama pemain berusia 27 tahun itu ke dalam skuad yang akan terbang ke Jerman.

Euro 2024 tinggal dua pekan lagi, De Jong mengaku tidak tahu kapan ia akan kembali bermain. “Saya belum fit, jadi saya tidak bisa bilang saya baik-baik saja. Saya belum latihan bareng grup. Saya tidak tahu persis kapan saya akan kembali,” tutur Frenkie De Jong kepada NOS seperti dilansir Football Espana.

Tim asal Negeri Kincir Angin itu memiliki kenangan indah ketika Piala Eropa terakhir kali diselenggarakan di Jerman, mereka menjadi juara pada edisi 1988 dan masih menjadi satusatunya kesuksesan mereka di turnamen besar.

Meski hanya sedikit orang yang memperkirakan Belanda memiliki peluang untuk mengulangi kesuksesan mereka 36 tahun lalu, pelatih Ronald Koeman yakin timnya memang punya peluang. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.