Dark/Light Mode

Indonesia Menuju Pentas Dunia

Rabu, 12 Juni 2024 08:20 WIB
Presiden Jokowi bersama Ibu Iriana, Menteri BUMN yang juga Ketum PSSI Erick Thohir, dan Menpora Dito Ariotedjo bersorak saat Timnas Indonesia mencetak gol pada pertandingan melawan Timnas Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024).  (Foto: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/nym)
Presiden Jokowi bersama Ibu Iriana, Menteri BUMN yang juga Ketum PSSI Erick Thohir, dan Menpora Dito Ariotedjo bersorak saat Timnas Indonesia mencetak gol pada pertandingan melawan Timnas Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024). (Foto: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/nym)

 Sebelumnya 
Jokowi Senang

Usai pertandingan, Jokowi menyampaikan apresiasinya atas kemenangan Timnas Garuda. Dia menyampaikan, masyarakat dan seluruh pecinta sepak bola tanah air sangat senang atas kemenangan yang diraih.

“Ya saya kira seluruh masyarakat pecinta sepak bola senang semua, karena kita lolos dan bisa masuk ke ronde 3 kualifikasi sistem FIFA yang baru,” kata Jokowi, di Stadion GBK, Selasa (11/6/2024).

Baca juga : NU Merasa Sudah Lama Melarat…

Mantan Wali Kota Solo ini menilai, kemenangan yang diraih Timnas Indonesia mencetak sejarah baru. Sebab, skuad Garuda mendapat tiket bermain di putaran ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

“Ini adalah sebuah sejarah dan kita dengan sistem yang baru ini, kita pertama kali masuk,” jelasnya.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengucapkan selamat atas kemenangan Timnas Indonesia, lewat akun media sosial X pribadinya @erickthohir.

Baca juga : Masiku Akan Ditangkap 7x24 Jam

Erick berterima kasih atas dukungan masyarakat selama ini, dan dia berharap dukungan tersebut terus mengalir untuk para punggawa Timnas di laga-laga selanjutnya.

“Alhamdulillah, Indonesia berhasil lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Kemenangan atas Filipina sekaligus mengamankan tiket ke putaran final Piala Asia 2027. Terima kasih untuk seluruh pemain, ofisial, dan masyarakat Indonesia untuk doa dan dukungannya,” tulis Erik.

Sebelumnya, Erick menegaskan bahwa Timnas Garuda tidak lagi dipandang sebagai anak bawang di pentas Asia. Erick mengatakan, posisi Timnas Indonesia terus melejit. Prestasi demi prestasi juga diraih. Beberapa di antaranya emas SEA Games 2023 dan semifinal Piala Asia U-23 2024. “Tidak mudah, tapi ini adalah perjuangan sama-sama. Timnas Indonesia ini bukan lagi anak bawang yang dipandang sebelah mata,” ucap Erick Thohir.

Baca juga : Jokowi Undang Mega Dan SBY

Setelah Timnas, Erick berharap level kompetisi atau Liga Indonesia juga naik. Saat ini posisi kompetisi Indonesia di Asia di urutan ke-28 dan harus diperbaiki dan ditingkatkan. UMM/BYU

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu, 12 Juni 2024 dengan judul Indonesia Menuju Pentas Dunia

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.