Dark/Light Mode

Panjat Tebing

Veddriq & Rajiah Raih Tiket Olimpiade Paris

Senin, 24 Juni 2024 07:00 WIB
Dua atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo dan Rajiah Salsabillah
Dua atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo dan Rajiah Salsabillah

RM.id  Rakyat Merdeka - Kabar baik datang dari cabang panjat tebing (climber). Dua atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo dan Rajiah Salsabillah berhasil memastikan tempat di Olimpiade Paris 2024

Dikutip dari laman resmi Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Minggu, Veddriq dan Rajiah lolos ke Olimpiade set­elah meraih medali perunggu pa­da ajang kualifikasi di Budapest, Hungaria.

Veddriq mencatatkan waktu 5,05 detik di nomor speed putra saat melawan rekan satu negaranya, Aspar Jaelolo yang finis dengan waktu 5,61 detik. Ia pun berhak pulang dengan medali perunggu dan mengamankan tempat di Paris dengan total 91 poin.

Baca juga : ASDP Sterilisasi Area Pelabuhan Bakauheni

“Saya sangat bersyukur atas dukungan dari semua pihak. Keberhasilan (meraih tiket Olimpiade) ini adalah buah dari kerja keras dan komitmen bersama. Saya akan terus berlatih keras untuk memberikan yang terbaik di Paris nanti,” kata Veddriq.

Sementara, Rajiah di nomor speed putri, mencatatkan waktu 6,64 detik saat menghadapi Niu Di (China) yang finis dalam waktu 6,71 detik. Ia juga ber­hak atas medali perunggu serta memiliki total 86 poin.

“Ini adalah momen yang sangat spesial bagi saya. Terima kasih kepada semua yang telah memberikan dukungan dan mo­tivasi. Saya akan terus berjuang untuk memberikan yang terbaik di Paris nanti,” ujar Rajiah.

Baca juga : Aset Rusun Marunda Dijarah Oknum PJLP

Kemenangan kedua atlet Indonesia di posisi ketiga di Budapest memberikan tambahan poin krusial bagi keduanya sehingga menegaskan posisi merekadi antara speed climber yang terbaik di dunia sehingga berhak lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Kiromal Katibin dan Aspar Jaelolo juga menempati posisi dengan jumlah poin terbanyak keempat dan kelima dengan jumlah poin 72 untuk Katibin dan 71 untuk Aspar. Namun, jumlah kuota atlet setiap negara di Olimpiade Paris 2024 dibatasi hanya dua atlet putra dan dua at­let putri saja, sehingga keduanya harus diganti dengan dua posisi poin terbesar di bawahnya.

Keberhasilan Vedrriq dan Rajiah dalam meraih tiket ke Olimpiade Paris 2024 ini semakin memperkuat tim panjat tebing Indonesia, menyusul kesuk­sesan Rahmad Adi Mulyono dan Desak Made Rita Kusuma Dewi yang sebelumnya memastikan tiket Olimpiade melalui Asian Qualifier di Jakarta tahun 2023 dan IFSC World Championships 2023 di Bern, Swiss.

Baca juga : Jepang Ingin Kerja Sama Dirasakan Akar Rumput

Pelatih Tim Panjat Tebing Indonesia, Hendra Basir menga­takan, keberhasilan Veddriq dan Rajiah sebagai bukti dari kerja keras dan dedikasi yang luar biasa. “Mereka telah menunjuk­kan kualitas dan semangat juang yang tinggi. Kami sangat bangga dan optimis mereka akan mem­berikan yang terbaik di Paris nanti,” katanya.

“Prestasi ini membuktikan bahwa persiapan matang dan fokus kuat dapat menghasilkanhasil yang membanggakan. Kami berkomitmen untuk terusmendukung Veddriq dan Rajiah dalam persiapan menuju Olimpiade Paris 2024,” kata Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Yenny Wahid, dalam keterangan tertulis.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.