Dark/Light Mode

Kroasia Vs Italia, Duel Hidup Mati

Senin, 24 Juni 2024 07:10 WIB
Kolase foto skuad Kroasia (kiri) dan Italia (kanan) di gelaran EURO 2024.
Kolase foto skuad Kroasia (kiri) dan Italia (kanan) di gelaran EURO 2024.

RM.id  Rakyat Merdeka - Laga hidup mati harus dilakoni Timnas Italia versus Kroasia di laga terakhir Grup B Euro 2024 di Red Bull Arena, Jerman dini hari nanti. Pemenang laga tersebut akan mendampingi Spanyol ke babak 16 besar.

SAAT ini, Grup B dipimpin Spanyol dengan enam poin. Mereka diikuti Italia yang baru mengoleksi tiga poin, Albania satu poin, dan Kroasia satu poin. Tim Matador - julukan Spanyol sudah pasti lolos ke ba­bak 16 besar sebagai juara grup. Sementara bagi Kroasia dan sang juara bertahan Italia, dan Albania, harus menang di laga matchday pemungkas mereka.

Di laga pertama, Kroasia kalah telak 0-3 dari Spanyol. Di laga kedua, Luka Modric dan kawan-kawan hanya bermain imbang 2-2 dengan Albania. Satu gol dicetak oleh Andrej Kramaric, sedangkan satu gol lainnya gol bunuh diri pemain lawan.

Baca juga : Rumah Subsidi Mangkrak

Bek kanan Italia, Matteo Darmian menekankan, timnya tak boleh mengulangi kesalahan yang sama pada pertandingan tersebut seperti saat bersua dengan Spanyol di laga sebelumnya. Italia menelan kekalahan tipis 0-1 melawan Spanyol dalam Matchday 2 Grup B Euro 2024 beberapa hari lalu.

Meski kalah satu gol saja, mereka tertekan di sepanjang pertandingan dan sangat ke­sulitan untuk mengembangkan permainan. Kekalahan itu pun membuat Gli Azzurri - julukan Italia tertahan di posisi dua klasemen sementara Grup B dengan raihan tiga angka.

Oleh karena itu, pertandingan terakhir kontra Kroasia bakal menjadi laga hidup-mati bagi Jorginho dan kawan-kawan. Ha­nya ada dua tiket otomatis ke babak 16 besar dari Grup B. Serta satu tiket peringkat tiga terbaik yang bisa didapat tetapi harus bersaing dengan tim peringkat tiga lain yang ada di lima grup lainnya.

Baca juga : ASDP Sterilisasi Area Pelabuhan Bakauheni

“Kami akan menganalisis apa yang kami lakukan di pertan­dingan terakhir untuk menghindari kesalahan yang sama dan mengha­dapi Kroasia dengan cara terbaik. Kami fit dan siap memainkan pertandingan ini dengan determi­nasi yang tepat,” kata Darmian.

Meski berada di posisi juru kunci, Darmian yakin, Kroasia punya ambisi yang kuat untuk melaju ke babak berikutnya. Oleh karenanya, mantan bek Manchester United itu memper­ingatkan rekan-rekan setimnya untuk fokus menghadapi laga kontra Luka Modric dan kawan-kawan demi bisa mengeluarkan kemampuan terbaik mereka.

“Saya pikir kemarahan dan ke­inginan mereka pasti sama dengan kita. Kami harus memiliki sikap, keinginan dan tekad yang benar dan tampil di lapangan dengan penuh perhatian. Kami bisa maju dan kami ingin melakukannya dengan segala cara untuk terus melanjutkan kompetisi ini,” pung­kas pemain berusia 34 tahun itu.

Baca juga : Veddriq & Rajiah Raih Tiket Olimpiade Paris

Bek Kroasia, Josip Juranović, menegaskan, timnya bakal mela­wan Italia semaksimal mungkin. Dia yakin peluang timnya lolos ke 16 besar masih terbuka meski harus berhadapan dengan tim berstatus juara bertahan.

“Kami tidak terlalu khawatir dengan status Italia saat ini. Mungkin hal itu memang ada dalam pikiran kami, tapi fokus kami adalah memenangi pertan­dingan. Target kami adalah lolos dari babak grup,” kata Josip Juranović seperti di dari laman resmi UEFA, kemarin.

Di sisi lain, Italia harus segera bangkit. Kekalahan atas Spanyol dirasa sangat buruk bagi Italia. Meski hanya kalah 1-0, tapi se­cara permainan Italia kalah se­galanya di lapangan. Terlepas dari faktor kualitas lawan, permainan Italia memang menurun drastis dibanding saat mengalahkan Albania di laga pertama.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.