Dark/Light Mode

Piala Eropa 2024

Ukraina Vs Belgia, Kesempatan Terakhir Kevin De Bruyne

Rabu, 26 Juni 2024 05:46 WIB
Kevin De Bruyne. (Foto : Ist)
Kevin De Bruyne. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ukraina akan menghadapi Belgia pada matchday terakhir babak kualifikasi Euro 2024 Grup E di MHPArena, Jerman, Kamis (27/6) dini hari nanti.  Duel ini dijamin sengit karena menjadi partai hidup mati kedua tim.

Persaingan di grup E saat ini masih sangat sengit. Seluruh tim memiliki angka sama tiga poin dari dua kali pertandingan.

Situasi ini membuat masing-masing tim yakni, Rumania, Belgia, Slovakia dan Ukraina, harus memetik kemenangan bila ingin lolos ke fase knock-out. Yang kalah dipastikan harus angkat koper lebih cepat.

Pada laga pertama, Ukraina digilas Rumania. Ukraina kalah 0-3. Namun, Ukraina bangkit di laga kedua. Ukraina menang 2-1 atas Slovakia berkat gol-gol Mykola Shaparenko dan Roman Yaremchuk.

Baca juga : Georgia Vs Portugal, Waktunya CR7 Bikin Gol

Sama seperti Ukraina, Belgia juga kalah di laga pertama. Kevin De Bruyne dan kawan-kawan dipecundangi Slovakia 0-1. Belgia lalu bangkit dan menang 2-0 atas Rumania pada laga kedua. Gol-golnya dicetak oleh Youri Tielemans dan De Bruyne.

Ukraina maupun Belgia tak mau terpeleset di laga terakhir nanti. Sebab, kehilangan poin di sini bisa membuat mereka terancam tereliminasi.

Namun, semua itu akan berujung agak rumit jika ternyata laga nanti, dan duel antara Slovakia vs Rumania, berakhir imbang.

Tapi yang jelas, jika hal itu terjadi, pemenang laga Ukraina vs Belgia pada matchday ketiga Euro 2024 bakal dipastikan lolos ke babak 16 besar, tanpa bergantung hasil pertandingan lain antara Slovakia vs Rumania.

Baca juga : Prancis Vs Polandia, Ayam Jantan Wajib Berkokok

Tapi lolos dengan kapasitas sebagai juara atau runner-up grup tetap bergantung kepada hasil laga lain. Belgia bakal lolos sebagai juara grup jika mengalahkan Ukraina, kemudian di laga lain Slovakia tidak menang.

Jika Belgia dan Rumania menang, maka posisi Belgia ada di atas Rumania lewat keunggulan head to head, meski sama-sama mengantongi 6 poin.

Tapi, Belgia bisa menjadi runner-up jika menang atas Ukraina, kemudian di laga lain Slovakia juga menang.

Dalam hal ini, Belgia kalah head to head dari Slovakia. Belgia juga dapat menjadi runner-up, apabila bermain imbang kemudian ada pemenang di laga lain.

Baca juga : Inggris Vs Slovenia, Saatnya Tiga Singa Unjuk Taring

Syarat sebaliknya juga berlaku bagi Ukraina. Mereka bisa menjadi juara grup jika menang, lalu Rumania tidak menang. Tapi Ukraina akan menjadi runnerup, jika berhasil menang dan di laga lain Rumania juga menang.

Sebagai informasi, Ukraina unggul head to head atas Slovakia, tapi kalah head to head dari Rumania. Lalu, siapa yang lolos jika 2 laga berakhir imbang? Kondisi ini lebih sulit dijawab, karena sangat bergantung terhadap berapa skor imbang yang akan terjadi.

Jika kedua laga imbang dengan besaran skor sama atau Ukraina vs Belgia imbang dengan skor lebih rendah daripada Slovakia vs Rumania, maka tim lolos adalah Rumania juara grup dan Belgia runner-up.

Hal itu terjadi lantaran mereka unggul selisih gol. Saat ini kondisi selisih gol di Grup E adalah Rumania +1 (3-2), Belgia +1 (2-1), Slovakia 0 (2-2), lalu Ukraina -2 (2-4). 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.