Dark/Light Mode

Kukuhkan Pengurus Baru

BG: E-Sports Asah Kemampuan Anak Muda Berpikir Strategis 

Sabtu, 18 Januari 2020 16:01 WIB
Ketua Umum PB E-Sports Indonesia, Prof Budi Gunawan (tengah depan), bersama para pengurus baru periode 2020-2024 usai pengukuhan, di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Sabtu (18/1). (Foto: Istimewa)
Ketua Umum PB E-Sports Indonesia, Prof Budi Gunawan (tengah depan), bersama para pengurus baru periode 2020-2024 usai pengukuhan, di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Sabtu (18/1). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum PB E-Sports Indonesia, Prof Budi Gunawan, mengukuhkan pengurus baru periode 2020-2024, di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Sabtu (18/1). Dalam sambutannya, pria yang akrab disapa BG ini menekankan pentingnya e-sports di era sekarang.

Di awal sambutannya, BG meminta para pengurus baru memiliki semangat, soliditas, tanggung jawab, dan loyalitas yang tinggi ke organisasi. Kemudian, siap mengorbankan waktu, tenaga, dan pikiran untuk memajukan e-sports Indonesia. 

Kepala BIN tersebut lalu menceritakan awal mula dan perkembangan e-sports. E-sports rupanya sudah ada sejak era 70-an. Saat itu, mahasiswa Universitas Stanford, Amerika Serikat, melakukan kompetisi video games pertama di dunia. "Games yang dipertandingkan bernama 'Spacewar'. Merupakan ciptaan dari Steve Russel bersama ilmuan dan akademisi dari MIT Amerika Serikat," terang BG.

Baca juga : Buka Ekspo Agro Inovasi 2019, Kementan Ajak Semua Pihak Bersinergi

Selanjutnya, di era 80-an hingga sekarang, games-games tidak hanya media PC. Tetapi juga di smartphone yang ada di hampir semua milenial. "Perusahaan besar dunia seperti Nintendo dan Blockbuster tidak kalah gesitnya memberikan dukungan untuk mensponsori kejuaraan dunia video games sehingga mempercepat cikal bakal e-sports di dunia," terangnya.

BG menerangkan, e-sports merupakan olahraga kekinian yang menjadi bagian dari gaya hidup milenial. E-sports akan semakin digemari generasi muda mendatang. "Selain aspek permainan, e-sports bermanfaat untuk mengasah kemampuan anak muda dalam berpikir strategis, cerdas dan kreatif, analisis dalam menyusun strategi, motivasi dan kerja sama tim, serta kelincahan dan ketahanan fisik," jelas purnawirawan jenderal polisi bintang 4 tersebut. 

Kemampuan tersebut, terang BG, tentu akan berguna dalam membentuk generasi muda Indonesia yang tangguh, andal, inovatif, dan kreatif untuk mampu memenangkan kompetisi global.

Baca juga : Dedi Mulyadi : Beri Sanksi Perusak Sungai

Tahun 2010, lanjut BG, Angkatan Udara AS menggabungkan 1.760 Playstation 3 menjadi 1 super komputer yang merupakan komputer tercepat di seluruh AS. Komputer tersebut digunakan untuk peningkatan kemampuan radar, pengenalan pola, pemprosesan citra satelit, dan riset artificial intelligence. "Hal ini menunjukkan, negara-negara super power telah memanfaatkan pengembangan teknologi games untuk kepentingan strategis di negaranya, termasuk teknologi militer," terangnya. 

Studi tahun 2017 oleh Universitas Liverpool, Inggris, juga menunjukkan bahwa pemain games profesional lebih unggul daripada operator drone militer. Terutama pada aspek koordinasi dan mata serta kemampuan multitasking dalam mengoperasional-kan seluruh sistem di pesawat. Hal ini menguatkan studi sebelumnya pada 2007, bahwa pemain games yang menjadi dokter memiliki keahlian bedah yang lebih baik dibanding dokter tanpa pengalaman games.

"Dapat kita bayangkan, para anak muda Indonesia yang menggemari e-sports jika diarahkan dan dibina dengan tepat dapat menjadi SDM unggul di berbagai bidang. Seperti militer, dokter, ahli IT, pengusaha, rekayasa genetik, dan lain-lain. Ini akan membawa Indonesia menjadi negara maju, kuat, dan disegani," ucap BG.

Baca juga : Puteri Aneta Komarudin Siapkan Agenda Besar Berantas Rente

Menurut BG, semua pihak harus bangga, para atlet e-sports Indonesia telah menorehkan berbagai prestasi di kancah regional maupun global. Seperti meraih medali perak di SEA Games Filipina 2019, Evos Capital menjadi juara dunia Free Fire World Cup tahun 2019 di Thailand, Evos E-Sports menjadi juara dunia Mobile Legend M-1 World Championship tahun 2019 di Kuala Lumpur, dan yang lainnya.

"Pelantikan Pengurus PB E-Sports merupakan momentum untuk membawa perkembangan yang semakin positif di Indonesia. Dan dihadapkan memiliki dampak besar bagi kemajuan bangsa di berbagi sektor strategis. Seperti pertahanan keamanan, teknologi, ekonomi kreatif, digital, dan pariwisata," ucapnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.