Dark/Light Mode

PON XX di Papua Akan Pererat Persatuan Bangsa 

Jumat, 24 Januari 2020 21:55 WIB
Klemen Tinal (Foto: Istimewa)
Klemen Tinal (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemprov Papua menegaskan komitmennya menyukseskan pelaksanaan seluruh cabang olahraga dalam PON XX tahun 2020. Semua pertandingan akan digelar di Papua.      

"Pelaksanaan seluruh cabang olahraga atau PON XX tahun 2020 akan berlangsung di Bumi Cenderawasih Papua. Tidak ada di provinsi lain," kata Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, Jumat (24/1).      

Baca juga : DPR Pertanyakan Kemampuan OJK Tangani Kasus Jiwasraya 

Klemen menambahkan, pada saat rapat pembahasan persiapan pelaksanaan PON XX dengan Presiden di Istana Negara, Jakarta, pekan lalu, sempat wacana kalau Jawa Timur siap menjadi tuan rumah dari 11 cabang olahraga. Namun, pihaknya menolak wacana itu.      

"Saya tegaskan wacana ini tidak ada. PON XX hanya akan berlangsung di Provinsi Papua, dan bukan di tempat lain," tegasnya. Klemen menegaskan, jika nantinya ada cabang olahraga yang sudah dicoret tapi dipertandingkan di provinsi lain, maka itu bukanlah bagian dari ajang PON XX 2020.      

Baca juga : Turunnya Angka Kemiskinan Ternoda Pencabutan Gas 3 Kg

Dia optimistis, pelaksanaan PON XX di Papua tidak sekedar perhelatan olahraga nasional. Tapi juga ajang mempersatukan seluruh elemen bangsa.      

"Jika mengutip penjelasan Bapak Presiden Jokowi bahwa semangat dari penyelenggaraan PON di Papua bukan hanya sebagai ajang kompetisi olahraga semata. Tetapi yang paling penting juga arena di mana kita bersama memperkuat jalinan persaudaraan, jalinan persatuan dan solidaritas antardaerah, dan sekaligus menunjukkan pada dunia bahwa Tanah Papua banyak lahir talenta-talenta yang hebat di bidang olahraga," ujarnya.      

Baca juga : Demak Siap Amankan Pasokan Bawang dan Cabe Ibu Kota

Klemen lalu mengajak seluruh komponen bangsa, khususnya masyarakat Papua, agar memanfaatkan waktu yang tersisa untuk ikut mempersiapkan pelaksanaan dengan sebaik-baiknya. "Mari kita bersatu dan bersama-sama untuk mensukseskan PON XX di Bumi Cenderwasih," pungkasnya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.