Dark/Light Mode

Mentalnya Jeblok, Quartararo Datangi Psikolog

Senin, 16 Maret 2020 06:03 WIB
Fabio Quartararo. (Foto : Istimewa)
Fabio Quartararo. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Meski menjalani musim 2019 yang sensasional, Fabio Quartararo tidak memulai dengan baik. Quartararo merasa sangat terpuruk dan sempat ke psikolog untuk menata mentalnya.

Pebalap Petronas Yamaha SRT itu melakoni debut di kelas MotoGP pada musim lalu. Pada awalnya, penunjukkan Quartararo dipertanyakan karena si pebalap bahkan cuma finis ke-13 dan ke-10 dalam dua musim terakhirnya di Moto2.

Baca juga : Menpora Dukung Yayasan Moestopo Gelar Kejuaraan Tinju Nasional

Di balapan pertama yang digelar di Losail, Qatar Quartararo gagal menciptakan start terbaik setelah finis ke-16, di luar zona poin. Hasil tersebut membuat Quartararo down sehingga mesti menemui psikolog untuk menaikkan moralnya.

Usaha tersebut rupanya berjasil. Di sisa musim, Quartararo sukses mengemas tujuh podium termasuk lima kali finis runner-up. Quartarari pun menyabet penghargaan Rookie of the Year setelah finis kelima di klasemen akhir MotoGP, bahkan lebih baik daripada seniornya Valentino Rossi (7).

Baca juga : MotoGP Qatar Batal, Quartararo Sedih

“Di musim kedua ini akan seperti sebuah trampolin. Aku ingin mengerahkan seluruh kemampuanku. Aku harus mencoba terus tenang, ini adalah satu-satunya rahasia untuk membuat otakku bekerja dalam kecepatan penuh,” Quartararo mengatakan kepada GQ, yang dikutip Tuttomotoriweb.

“Tanpa adrenalin aku akan mati, itulah bahan bakarku. Tapi ketika ada terlalu banyak adrenalin, Anda justru berisiko merusak segalanya. Dari kebahagiaan aku bisa langsung sangat sedih.”

Baca juga : Mentan Ajak Forum Rektor Gelorakan Kedaulatan Pangan

“Pada balapan pertama setahun lalu aku kan punya kesempatan untuk mencetak angka, dan pada akhirnya aku gagal. Itu sangat berat untukku. Bagiku itu adalah situasi yang buruk,” lanjut pebalap berusia 20 tahun itu.

“Saat itu aku harus mengubah energi negatif menjadi positif dan aku mesti meminta bantuan psikolog. Aku begitu terpukul, tapi aku mampu bangkit hampir secepat yang kubisa,” Quartararo menambahkan. [DNU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.