Dark/Light Mode

Gegara Corona, FIFA Batalkan Best Awards

Kamis, 14 Mei 2020 07:34 WIB
Lionel Messi. (Foto : Istimewa)
Lionel Messi. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pandemi virus corona membuat dunia sepakbola lumpuh. FIFA kabarnya sampai ikut membatalkan pemberian gelar pemain terbaik atau ajang Best Awards.

Seperti dilaporkan Marca, FIFA tidak akan menunjuk pemain terbaik tahun ini. Harusnya, FIFA Best Awards 2020 digelar di Milan, Italia, pada September mendatang. Namun, situasi yang belum pulih dari pandemi membuat gelaran tersebut dibatalkan.

Baca juga : Ingatkan Bahaya Corona, Pria Berdandan Ala Malaikat Maut

Tahun lalu, Lionel Messi menyabet penghargaan di FIFA Best Awards. Bintang Barcelona itu menyisihkan bek Liverpool Virgil van Dijk dan striker Juventus, Cristiano Ronaldo. Sementara untuk gelaran Ballon d’Or, majalah France Football belum membuat keputusan. Adapun gala penghargaan UEFA juga kabarnya ditunda tanpa batas waktu yang ditentukan.

Sementara itu Konfederasi sepakbola Asia masih berencana menggelar AFC U-16 dan AFC U-19 2020 sesuai jadwal. Agenda drawing grup pun rencananya akan dilakukan Juni nanti. Kabar ini dikonfirmasi Federasi sepakbola Vietnam (VFF) lewat pengumuman di laman resmi mereka.

Baca juga : Imin Ingat Garong BLBI

Rencananya dua turnamen itu akan melangsungkan drawing pada 18 Juni di markas AFC, Kuala Lumpur, Malaysia. AFC menetapkan drawing ini setelah menilai kondisi pandemi virus corona sudah mulai membaik di seantero Asia.

Dua agenda besar mereka pada 2020 diharapkan tak mendapat halangan. Indonesia dipastikan ambil bagian pada kedua ajang kelompok usia itu. Timnas U-16 Indonesia lolos dari kualifikasi setelah menjadi runner-up Grup G.

Baca juga : Berdamai dengan Corona, UIN Bandung Tawarkan Solusi Ini

Sedangkan Timnas U-19 In- donesia menjadi pemuncak Grup K babak kualifikasi. Piala Asia U-16 dijadwalkan digelar di Bahrain pada 16 Sep- tember hingga 3 Oktober. Piala Asia U-19 digelar sebulan sete- lahnya mulai 14-30 Oktober. Semifinalis Piala Asia U-16 akan mendapatkan tiket Piala Dunia U-17 2021 di Peru.

Begitu juga dengan semifinal Piala Asia U-19 yang bakal dapat jatah tiket ke Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia. Timnas Indonesia U-16 dan Timnas Indonesia Indonesia U-19 sudah menghentikan kegiatan latihannya sejak Maret lalu. Belum diketahui kapan kedua tim ini akan berlatih lagi untuk persiapan jelang tampil di kedua ajang itu. [OSP]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.