Dark/Light Mode

Mantap, IOC Sawer Rp12 Triliun Demi Sukses Olimpiade 2021

Sabtu, 16 Mei 2020 07:10 WIB
Logo Olimpiade. (Foto : Istimewa)
Logo Olimpiade. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komite Olimpiade Internasional (IOC) serius membantu suksesnya pelaksanaan Olimpiade. Dana segar sebesar 800 juta dolar AS atau Rp 12 triliun digelontorkan agar Olimpiade berjalan lancar tahun depan.

Pendemi Covid-19 membuat panitia Olimpiade kewalahan secara finansial. Sementara banyak organisasi cabor olahraga internasional kembang kembis akibat tidak ada pemasukan lantaran penghentian semua turnamen.

Baca juga : CIMB Niaga Raup Laba Rp 1 Triliun Saat Pandemi

Untuk itu, dilansir laman Olympic, IOC menyumbang 650 juta dolar AS atau sekitar Rp10 triliun) untuk penyelenggaraan Olimpade, sedangkan 150 juta dolar AS atau sekitar Rp2 triliun untuk untuk Federasi olahraga Internasional 

"Kami telah membahas dampak keuangan ini. Anda bisa bayangkan betapa itu tidak mudah karena melakukan perencanaan di saat seperti ini sangat sulit akibat ketidakpastian yang Anda temui," ujar Presiden IOC Thomas Bach dikutip AFP, Sabtu (16/5).

Baca juga : Pemerintah Siapkan Rp 110 Triliun Untuk Jaring Pengaman Sosial

"Tidak ada yang tahu seperti apa dunia besok. Ini prosedur perencanaan yang bertahap.

Dana bantuan tersebut merupakan bentuk dukungan kepada para atlet, dan diharapkan dapat membantu NOC dan organisasi olahraga agar bisa kembali melanjutkan kegiatan mereka menuju Olimpiade.

Baca juga : Pupuk Indonesia Setor Rp6,52 Triliun Ke Negara Sepanjang Tahun 2019

"Olympic Movement sedang menghadapi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya. IOC harus menyelenggarakan Olimpiade yang ditunda untuk pertama kalinya," kata Presiden IOC Thomas Bach.

Olimpiade Tokyo diputuskan ditunda dan akan digelar pada 23 Juli-8 Agustus 2021. Namun, muncul wacana apabila pesta olahraga empat tahunan itu akan dibatalkan jika pandemi tak kunjung berakhir di tahun depan. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.