Dark/Light Mode

Formula One Tetap Digelar Meski Pebalap Positif Corona

Rabu, 3 Juni 2020 15:40 WIB
Ajang Formula One. (Foto : Istimewa)
Ajang Formula One. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ajang Formula 1 dipastikan tetap digelar apapun risikonya. Bahkan jika seorang pebalap positif corona, balapan jet darat tersebut harus tetap berlangsung.

Ketegasan tersebut disampaikan bos Formula 1 (F1), Chase Carey tidak lama setelah pengumuman pembukaan F1 di Grand Prix (GP) Austria yang dijadwalkan pada 5 Juli 2020.

"Kami memiliki prosedur ketika menemukan adanya infeksi (Covid-19), hal ini tidak akan membatalkan balapan," tandasnya, dikutip dari Reuters, Rabu (3/6).

Baca juga : Maia Berduka, Tantenya Meninggal Kena Corona

Carey menambahkan, seandainya ada pembalap F1 yang terinfeksi virus COVID0-19, maka pembalap cadangan harus siap menggantikan.

"Andai seorang driver yang terinfeksi, maka tim akan menggunakan pembalap cadangan," imbuh pria berusia 66 tahun ini.

Jadwal F1 2020 rencananya bakal kembali bergulir mulai 5 Juli mendatang. GP Austria dipilih oleh pihak F1 untuk membuka gelaran musim 2020 yang tertunda penyelenggaraannya sejak Maret lalu.

Baca juga : Copa America Ditunda, Messi Depresi

GP Austria akan digelar tertutup alias tanpa penonton. Bekerja sama dengan FIA selaku federasi otomotif dunia, F1 juga tetap menjamin keamanan bagi semua pihak yang terlibat di arena balap. Dengan adanya tes kesehatan terkait Covid-19.

"Kami menyadari bahwa dalam ajang ini, kami tidak bisa menjaga jarak dua meter antar setiap individu dalam sebuah tim," ucap Carey. "Kami pastikan, ada prosedur untuk mengatur semua risiko itu dalam waktu sesegera mungkin," lanjutnya.

Delapan seri awal di revisi kalender F1 2020 yakni pada 3-5 Juli - Spielberg, Austria 10-12 Juli - Spielberg, Austria 17-19 Juli - Budapest, Hungaria 31 Juli- 2 Agustus - Silverstone, Inggris 7-9 Agustus - Silverstone, Inggris 14-16 Agustus - Barcelona, Spanyol 28-30 Agustus - Spa-Francorchamps, Belgia 4-6 September - Monza, Italia. [IPL]

Baca juga : Lagi, Empat Pemain Liga Inggris Positif Corona

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.