Dark/Light Mode

Dua Penggawa Persija Ikut Kursus Kepelatihan

Kamis, 19 November 2020 16:21 WIB
Pemain Persija Jakarta Otavio Dutra dan Tony Sucipto. (Foto: Persija Jakarta)
Pemain Persija Jakarta Otavio Dutra dan Tony Sucipto. (Foto: Persija Jakarta)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah pemain Persija musim ini telah mempersiapkan karier ke depannya usai gantung sepatu. Salah satu cara yang dipersiapkan adalah mengambil lisensi kepelatihan untuk tetap berada di dunia sepak bola bila nantinya pensiun.

Dua pemain senior Ismed Sofyan dan Maman Abdurahman menjadi pemain paling pertama yang mengambil lisensi kepelatihan. Pasangan lini belakang di Timnas Indonesia era 2000 - 2010 ini telah mengantungi lisensi B AFC pada tahun lalu.

Baca juga : PGN Raih Penghargaan Laporan Keberlanjutan 2019 Terbaik

Baik Ismed dan Maman memang memiliki karakter yang pantas untuk menjadi pelatih suatu saat nanti. Kedua pemain ini memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi yang bisa diaplikasikan saat melatih. Mereka juga berpengalaman menjadi kapten di level klub ataupun Tim Nasional.

Setelah Ismed dan Maman sukses mengambil lisensi, tahun ini beberapa pemain mengikuti jejaknya. Otavio Dutra dan Tony Sucipto mengambil lisensi kepelatihan C AFC yang diselenggarakan PSSI pada awal November.

Baca juga : Di Tengah Pandemi, Indonesia Ikut Pameran Impor Internasional Shanghai

Dutra bahkan langsung menjadi pelatih dengan membantu latihan di Persija Soccer School. Menurut Dutra, langkah ini diambilnya untuk mempersiapkan bekal saat pensiun nanti.

Selain itu, Ia juga memanfaatkan waktu libur latihan sementara dengan hal yang positif. “Saya tetap fokus bermain namun saya juga harus mempersiapkan segala hal. Setelah ini jika ada kesempatan saya akan mengambil lisensi B. Mungkin juga bisa saya belajar kepelatihan di Brasil,” tutur Dutra, Rabu (18/11) sore.

Baca juga : Inovasi Di Masa Pandemi, Hal Yang Perlu Dilakukan Wirausahawan

Langkah yang diambil para penggawa senior Persija ini akan berdampak positif bagi individu dan Macan Kemayoran. Pasalnya, dengan pengalaman dan ilmu yang mereka miliki, dapat ditularkan ke pemain muda Persija. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.