Dark/Light Mode

MotoGP, Mandalika Ngarep Berkah Sirkuit Bro Mundur

Jumat, 11 Desember 2020 13:06 WIB
Sirkuit Mandalika Lombok, NTB . (Foto : Istimewa)
Sirkuit Mandalika Lombok, NTB . (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mundurnya MotoGP Ceko dari kalender MotoGP 2021, membuka peluang digelarnya tiga seri cadangan. Keputusan ini membawa angin segar bagi MotoGP Indonesia, yakni Sirkuit Mandalika.

MotoGP Ceko memutuskan mundur karena tak punya uang untuk merenovasi lintasan Sirkuit Brno. Proses renovasi itu diperkirakan menelan biaya hingga Rp 65 miliar.

Wali Kota Brno, Marketa Vankova, mengaku sulit untuk menyiapkan dana besar tersebut. Apalagi, pemerintah di sana sudah menyalurkan dana besar untuk penanganan pandemi Covid-19. “Kami tidak ada dana besar, sehingga harus mundur,” ujarnya.

Baca juga : Dunia Usaha Ngarep Kepala Daerah Terpilih Pro Bisnis

Keluarnya MotoGP Ceko membuat MotoGP Indonesia berpotensi masuk kalender resmi untuk balapan tahun depan. MotoGP Indonesia memiliki daya tarik tersendiri karena punya sirkuit yang berbeda dari seri-seri lainnya. MotoGP Indonesia memiliki nilai plus karena berstatus sirkuit baru.

Berarti dari aspek lintasan, Sirkuit Mandalika bisa dipastikan tidak akan bermasalah. Sirkuit Mandalika akan jadi satu-satunya seri MotoGP yang berlangsung tidak di sirkuit permanen. Nilai plus lain dari MotoGP Indonesia, karena Indonesia merupakan pasar yang bagus untuk MotoGP.

Bahkan, CEO Dorna Carmelo Ezpeleta dalam pernyataannya awal Desember lalu, tak memungkiri bahwa Indonesia merupakan pasar penting bagi balap motor paling bergengsi di dunia.

Baca juga : KPK Setor Rp 2,3 M ke Kas Negara Dari Perkara Suap Proyek Muara Enim

“Indonesia adalah pasar yang penting untuk Grand Prix dan dukungan untuk agenda itu begitu kuat. Sudah 23 tahun sejak kami menyelenggarakan Grand Prix terakhir di Indonesia dan kami sangat bersemangat untuk kembali secepatnya,” kata Ezpeleta dilansir dari MotoGP.com.

Namun, yang menjadi ganjalan bagi Indonesia adalah Sirkuit Algarve di Portugal dan Sirkuit Igora di Rusia lebih siap pakai untuk masuk kalender resmi MotoGP 2021. Kedua sirkuit itu juga berada di Eropa, sama halnya dengan Sirkuit Brno. Alasannya lain tentu pertimbangan logistik.

Bahkan, jarak Sirkuit Igora dengan Sirkuit Kymiring tempat berlangsung- nya MotoGP Finlandia yang digelar sebelum jadwal kosong MotoGP Ceko hanya 264 kilometer. [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.