Dark/Light Mode

Kualifikasi Piala Eropa 2020

Kroasia Vs Azerbaijan, Wajah Lama Masih Jadi Tumpuan

Kamis, 21 Maret 2019 15:11 WIB
Luka Modric masih jadi andalan timnas Kroasia. (Foto : twitter@10lukamodric)
Luka Modric masih jadi andalan timnas Kroasia. (Foto : twitter@10lukamodric)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim nasional Kroasia masih didominasi pemain senior yang tampil pada putaran final Piala Dunia 2018 lalu pada babak kualifikasi Piala Eropa 2020. Alasannya, mereka ingin bangkit dari kegagalan di Liga Negara Eropa tahun lalu.

Selain Luka Modric, nama- nama seperti Ivan Rakitic, Ivan Perisic dan Mateo Kovacic masih masuk dalam daftar. Begitu pula Domagoj Vida, bek Liverpool Dejan Lovren, dan gelandang Inter Milan, Marcelo Brozovic yang akan tampil di laga perdana saat menjamu Azerbaijan pada laga perdana di Stadion Maksimir, Zagreb, Jum’at (22/03) dinihari WIB.

Pelatih Kroasia Zlatko Dalic mengatakan, salah satu faktor pemain senior masih mendominasi karena Vatreni-julukan timnas Kroasia berada di Grup E yang tergolong berat karena bersama Azerbaijan, Hongaria, Slowakia dan Wales.

Baca juga : Inggris Vs Rep Ceko, James Ketiban Untung

“Saya percaya dengan kemampuan Luka Modric dan rekan setimnya di putaran final Piala Dunia 2018 untuk memimpin tim ini lagi. Dia sukses membuat Kroasia tampil mengesankan walau berikutnya gagal di kejuaraan Liga Negara Eropa,” kata Zlatko dikutip EUROSport, kemarin.

Pelatih berusia 52 tahun itu mengaku, sangat memaklumi kegagalan tersebut karena Kroasia harus bersaing dengan Inggris dan Spanyol di Grup A. Timnya saat itu hanya menempati posisi juru kunci dan terdegradasi ke Liga B akibat hanya membukukan satu kemenangan dan satu imbang dari empat pertandingan yang dilakoni.

“Kegagalan yang terparah kami saat itu kalah telak 0-6 dari tuan rumah Spanyol pada laga pertama dan hanya mampu bermain imbang tanpa gol saat menjamu Inggris. Tapi, kami mampu mengalahkan Spanyol 3 - 2 pada pertandingan berikut, dan ini sebabnya skuad dalam tim ini harus terus dipertahankan. Kami ingin bangkit dan menargertkan lolos ke putaran final tahun depan,” ujarnya.

Baca juga : Belgia Vs Rusia, Lukaku Masih Luka

Zlatko mengatakan, untuk mewujudkan hal tersebut timnya perlu meminta dukungan penuh publik sepak bola Kroasia untuk kembali berdiri bersama, seperti yang mereka lakukan pada putaran final Piala Dunia tahun lalu.

“Saya memandang Azerbaijan adalah tim tangguh meski dari level permainan masih di bawah Kroasia. Mereka bukan tim lemah. Apalagi semenjak ada peran sentral dari gelandang, Ricard Oliveira. Gelandang kelahiran Brazil ini kunci kreativitas permainan Azerbaijan,” paparnya.

Selain itu striker Azerbaijan yang bermain di Liga Primer Rusia, Ramil Seydayev juga perlu diwaspadai. Dalic menilai striker yang bermain di klub Krylya Sovetov tersebut sebagai striker cepat, terbukti mampu mencetak gol pada pertandingan di Liga Primer Rusia. "Intinya, kami tak boleh terlena dan merendahkan kualitas lawan. Apapun bisa terjadi dalam sepakbola,” ujarnya.

Baca juga : Belanda Vs Belarus, Depay Cs Kelelahan

Sekadar informasi, Kroasia dan Azerbaijan juga pernah bergabung dalam satu grup pada kualifikasi Piala Eropa 2016. Saat itu Kroasia menang 6-0 pada pertandingan di kandang dan bermain imbang 0-0 pada laga tandang. “Kami telah melakukan modifikasi strategi. Lawan kali ini berbeda,” katanya. [DNU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.