Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Diikuti 20 Klub

Piala Presiden 2019, Persib Vs TIRA-Persikabo Jadi Laga Pembuka

Selasa, 19 Februari 2019 19:10 WIB
Logo Piala Presiden. (Foto : istimewa)
Logo Piala Presiden. (Foto : istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Piala Presiden kembali digelar. Turnamen yang diikuti 20 klub ini bakal dimulai pada 2 Maret 2019. Partai pembuka pada edisi keempat ini adalah laga antara Persib Bandung versus TIRA-Persikabo (TRKabo). Laga tersebut bakal digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

Ini merupakan Piala Presiden edisi keempat yang sangat ditunggu rekan klub, penggemar bola di republik ini. "Dua hari yang lalu kami sudah mengumpulkan perwakilan klub 20 peserta. Alhamdulillah sudah 19 yang memastikan ikut. Satu klub saat ini masih menyesuaikan masalah internalnya," kata Iwan Budianto, Ketua Organizing Committee (OC) Piala Presiden 2019 dalam jumpapers di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (19/2) petang.

"Semoga ini menjadi turnamen pramusin yang berharga dan tontonan yang menarik. Komiten PSSI bersama klub menampilkan pertandingan dengan penuh sportivitas dan menjaga marwah nama Piala Presiden," tambahnya.

Drawing Piala Presiden telah dilaksanakan pada Minggu (17/2). Sebanyak 20 tim dibagi dalam lima grup. Setiap grupnya diisi lima tim. Adapun Persib dan TIRA-Persikabo masuk dalam Grup A bersama Persebaya Surabaya dan Perseru Serui.

Baca juga : Tanpa Simic, Kolev Asah Fisik Pemain

Sementara Grup B yang digelar di Stadion Stadion Patriot diisi oleh Bhayangkara FC, Semen Padang, Bali United, dan Mitra Kukar. Grup C, di Stadion Moch Soebroto PSIS Semarang, PSM Makassar, Persipura Jayapura, dan Kalteng Putra.

Dari hasil drawing, Grup D menjadi grup yang paling menarik. Pasalnya, diisi oleh juara Liga 2 2018 PSS Sleman, juara bertahan Piala Presiden dan juara Liga 1 2018 Persija Jakarta, Madura United dan Borneo FC. Kemudian di Grup E, disesaki oleh Arema FC, Persela Lamongan, Persita Tangerang, Barito Putera.

Iwan Budianto mengatakan, setiap klub yang berpartisipasi pada Piala Presiden 2019 bakal mendapatkan match fee di setiap pertandingan mulai dari fase grup hingga babak perempat final. Tim yang menang bakal meraih Rp 125 juta, sedangkan tim yang kalah menerima Rp 75 juta. Jika meraih hasil imbang, masing-masing tim mendapatkan Rp 100 juta.

Klub yang bertindak sebagai tuan rumah juga akan mendapatkan subsidi. Bagi klub yang tidak menjadi tuan rumah akan mendapatkan dana transportasi. Sementara itu, sang juara akan mendapatkan Rp 3,3 miliar, runner up mendapatkan Rp 2,2 miliar, dan peringkat tiga mendapatkan Rp 750 juta.  [WUR]

Baca juga : Lolos 16 Besar, Maung Bandung Pesta Gol

Pembagian Grup:

Group A (Bandung) di Stadion Si Jalak Harupat Persib Bandung, Persebaya Surabaya, Perseru Serui, dan Tira-Persikabo.

Group B (Bekasi) di Stadion Patriot Bhayangkara FC, Semen Padang, Bali United, dan Mitra Kukar.

Group C  (Magelang) di Stadion Moch Soebroto PSIS Semarang, PSM Makassar, Persipura Jayapura, dan Kalteng Putra.

Baca juga : Ajang Reuni Shaqiri

Group D (Sleman) di Stadion Maguwoharjo PSS Sleman, Persija Jakarta, Madura United, dan Borneo FC.

Group E (Malang) di Stadion Kanjuruhan Arema FC, Persela Lamongan, Persita Tangerang, dan Barito Putera

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.