Dark/Light Mode

Manuel Neuer, Kiper Terbaik Sejagat

Jumat, 29 Januari 2021 12:04 WIB
Kiper Manuel Neuer. (Foto : Istimewa)
Kiper Manuel Neuer. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Baru-baru ini, Manuel Neuer dinobatkan sebagai kiper terbaik dunia dalam satu dekade terakhir. Ia mengalahkan nama-nama seperti Gianluigi Buffon dan Thibaut Courtois.

Sebagaimana diberitakan media Spanyol, Marca, penghargaan ini diberikan oleh International Federation of Football History & Statistics (IFFHS), badan yang mencatat searah dan rekor dalam dunia sepakbola, yang sudah berdiri sejak 1984.

Baca juga : Manuela Ferrera, Bongkar Borok Mantan Pacar

Khusus untuk gelar kiper terbaik sedekade terakhir, IFFHS menilai berdasarkan peringkat 20 besar kiper terbaik dunia yang mereka keluarkan setiap tahunnya selama 2011- 2020. Poin yang didapat seorang kiper selama 10 tahun itu akan diakumulasi.

Berdasarkan hasil tersebut, Neuer adalah kiper yang berada di urutan teratas, dengan total nilai 183 poin. Jumlah poin yang tinggi itu tak lepas dari performanya di Bayern Munich, Timnas Jerman dan Schalke 04 selama 10 tahun terakhir.

Baca juga : Mantan Dirut Asabri Diperiksa Kejagung

Deretan trofinya pun juga banyak. Bersama tiga tim tersebut, ia sudah memenangi delapan gelar Bundesliga, enam DFB-Pokal, dua Liga Champions, dan satu Piala Dunia. Konsistensi itulah yang membuatnya berada di urutan teratas. Di posisi kedua ada Buffon dengan 148 poin.

Kiper Italia ini memang masih terhitung jago dalam sedekade terakhir, dan meraih banyak gelar. Namun ia sudah menjadi cadangan selama tiga musim terakhir, seiring bertambahnya usia.

Baca juga : Kiper Terbaik Sepanjang Masa

Selanjutnya ada Courtois di urutan ketiga, dengan 130 poin. Kiper Real Madrid asal Belgia itu tak diragukan lagi kapasitasnya. Namun dalam ajang tahunan, ia baru sekali memenangi gelar kiper terbaik versi IFFHS dalam sedekade terakhir. [JON]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.