Dark/Light Mode

Prancis Vs Ukraina

Ayam Jago Mulai Kukuruyuk

Rabu, 24 Maret 2021 05:45 WIB
Olivier Giroud. (Foto: AFP)
Olivier Giroud. (Foto: AFP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Prancis akan memulai langkah pertamanya mempertahankan gelar Piala Dunia. Lawan pertama yang dihadapai tak lain Ukraina, di Stade de France, Saint Denis, dini hari nanti WIB.

Si Ayam Jago berupaya jadi juara grup D Zonna Eropa, bila ingin melaju ke putaran final di Qatar tahun depan. Pada 2018, Prancis jadi juara setelah mengalahkan Kroasia 4-2.

Negara peringkat dua dunia ini sedang menikmati 13 pertandingan tak terkalahkan dalam aksi kompetitif. Sedang Ukraina adalah penghuni peringkat ke-24.

Di laga terakhirnya, Prancis meraih kemenangan dengan skor 4-2 saat menjamu Swedia di ajang UEFA Nations League pada 18 November 2020 lalu. Kemenangan tersebut merupakan kemenangan kedua beruntun Prancis.

Baca juga : Penyerapan Garam Lokal Mulai Susut

Sementara Ukraina, pada laga terakhirnya justru menelan kekalahan dengan skor 0-3 saat bertandang ke markas Swiss di ajang UEFA Nations League pada 18 November 2020. Kekalahan tersebut merupakan kekalahan ketiga beruntun Ukraina.

Proses tersebut tampaknya akan terus berlanjut, karena ‘Les Bleus’ belum pernah kalah dalam pertandingan kandang pembukaan mereka dari kampanye Kualifikasi Piala Dunia sejak 1968.

Penggemar harus mengharapkan tindakan awal, karena delapan dari 10 pertandingan kandang kompetitif Prancis sebelumnya menyaksikan gol pembuka yang dicetak dalam 20 menit pertama.

Jika mengecualikan hasil Walkover vs Swiss, kekalahan 3-1 Ukraina di Jerman November lalu menjadikannya tiga kekalahan dalam empat pertandingan kompetitif mereka sebelumnya, meskipun satu-satunya kemenangan datang melawan tim papan atas Spanyol.

Baca juga : Prancis Vs Ukraina, Dembele Jadi Andalan Lagi

Ukraina dapat mengambil dorongan dari fakta bahwa mereka hanya kalah dua dari lima pertandingan tandang kompetitif terakhir. Padahal, di tujuh laga mereka kebobolan lebih dulu.

Pemain yang harus diperhatikan antara lain Olivier Giroud memiliki rata-rata satu gol per pertandingan di lima pertandingan kandang kompetitif terakhir Prancis. Rata-rata, golnya dihasilkan di babak kedua.

Untuk tim tamu, gelandang Atalanta Ruslan Malinovskyi telah mencetak satu gol buat Ukraina dalam empat dari lima pertandingan internasionalnya.

Hasil pengundian kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa sudah dilakukan. Sebanyak 55 negara akan memperebutkan jatah 13 tiket ke Qatar pada November 2022 mendatang.

Baca juga : AC Milan Vs Verona : Awas, Jangan Meremehkan Lawan!

Berbeda dengan zona lain yang sudah mulai babak kualifikasi lebih dulu, UEFA baru akan memulai fase kualifikasi Piala Dunia 2022 pada 24 Maret 2021. Hal ini disebabkan adanya turnamen UEFA Nations League 2020/2021.

Selain itu, ada perubahan jadwal yang terjadi akibat pandemi Covid-19. Kualifikasi dan play off yang sedianya digelar selama periode 25 Maret-6 November 2021, terpaksa diubah menjadi 24 Maret 2021-29 Maret 2022. Sebab, jadwal kualifikasi yang harusnya digelar pada Juni 2021, terpaksa digeser karena ada Euro 2021. [JON/NET]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.