Dark/Light Mode

Pertemuan FIFA-PSSI Tak Bahas Kasus Pengaturan Skor

Kamis, 11 April 2019 20:50 WIB
Pertemuan Sekjen PSSI Ratu Tisha dan wakil dari FIFA di kantor PSSI, Kamis (11/4) siang. (Foto : Wuryanto/RM)
Pertemuan Sekjen PSSI Ratu Tisha dan wakil dari FIFA di kantor PSSI, Kamis (11/4) siang. (Foto : Wuryanto/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - PSSI menerima dua perwakilan dari FIFA dan seorang delegasi dari AFC di kantor PSSI, Kamis (11/4). Dalam pertemuan ini, PSSI menjelaskan situasi terkini Federasi serta semua program-program yang sedang berjalan, sesuai amanat Kongres di Bali awal tahun 2019 ini.

Delegasi FIFA yang datang langsung dari markas FIFA di Zurich, yakni Luca Nicola dan Rolf Tannar. Adapun AFC diwakili Purushottam Kattel. Sementara dari PSSI, selain Sekretaris Jenderal PSSI, juga hadir Wakil Ketua Komite Adhoc Integritas, Azwan Karim dan beberapa staf PSSI.

Baca juga : Besok, PSSI dan FIFA Bahas Kasus Pengaturan Skor

“Kedatangan perwakilan FIFA dan AFC sebagai follow up dari kedatangan delegasi sebelumnya. Mereka ingin memastikan bahwa PSSI dapat menjalankan semua program yang telah dicanangkan. Hal lain, mereka juga akan mereview perbaikan regulasi yang dilaksanakan PSSI serta program FIFA Forward,” kata Tisha menjelaskan.

Tisha menambahkan, delegasi FIFA memberi beberapa masukan utamanya di area governance dan regulasi. Mereka juga menilai update statuta PSSI yang disesuaikan dengan implementasi statuta FIFA tahun 2018. “Mereka mengulas, meninjau dan memeriksa apakah semua sudah terlaksana dengan baik,” jelas Tisha.

Baca juga : Ketum Nasdem Ajak Elite Bangsa Bersaing Sportif

Delegasi FIFA juga memberi apresiasi kepada Indonesia karena dengan kondisi organisasi yang seperti sekarang, program dapat terus berjalan dengan baik, seperti kompetisi, kepelatihan, perwasitan, timnas dan pembinaan pemain usia muda. “Mereka menghimbau agar PSSI tetap terus bekerja melaksanakan kegiatannya dan harus ditingkatkan lagi,” kata Tisha.

Dalam pertemuan ini juga disinggung mengenai rencana Kongres Luar Biasa yang sebelumnya telah diputuskan oleh Komite Eksekutif PSSI. FIFA mempersilahkan PSSI untuk mempersiapkan Kongres Luar Biasa sesuai dengan Statuta PSSI dan Regulasi PSSI lainnya. FIFA berpesan agar semua program pengembangan sepakbola dan visi 2024 yang telah dicanangkan PSSI tetap dijalankan dengan sebaik-baiknya.

Baca juga : Perlu, UU Khusus Sengketa Jurnalistik

PSSI juga memberi update mengenai Komite Adhoc Integritas. Masalah Integritas akan menjadi agenda utama PSSI tahun 2019, dimana nantinya PSSI akan membentuk departemen integritas. Sementara soal pengaturan skor yang kini tengah diusut Satgas Antimafia Sepakbola tidak disinggung sama sekali. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.