Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ini Jurus Sehat Ala Bintang Persija, Maman Abdurrahman

Minggu, 4 Juli 2021 14:10 WIB
Pemain Persija, Maman Abdurrahman. (Foto : Persija)
Pemain Persija, Maman Abdurrahman. (Foto : Persija)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menginjak usia 39 tahun, Maman Abdurrahman masih menjadi salah satu pemain andalan di lini belakang Persija Jakarta. Apa kiat Maman tetap sehat?

Dalam turnamen pramusim Piala Menpora beberapa waktu lalu, misalnya, Maman bahkan diturunkan tim pelatih pada partai final pertama melawan Persib Bandung yang berkesudahan 2-0 untuk Macan Kemayoran.

Baca juga : RI dan Italia Akan Perkuat Kerja Sama Perdagangan

Bermain di laga krusial tersebut menunjukkan bahwa Maman masih mampu bermain dalam level teratas sepak bola Indonesia. Padahal sejawatnya mayoritas telah gantung sepatu dan beralih profesi menjadi pelatih. Saat ditanya perihal tersebut, Maman pun menjabarkan sejumlah “jurus” yang membuat dirinya tetap fit di pengujung karir.

“Saya selalu menjaga pola makan dan istirahat. Selain itu, saya selalu menambah porsi latihan di luar jadwal latihan tim,” kata Maman pada Sabtu (3/7) dalam laman resmi klub.

Baca juga : Buat Azzurri, Pujian Adalah Racun

Dalam mengatur pola makan, Maman berupaya menjauhi makanan berminyak dan pedas. Adapun mengenai latihan tambahan, Maman kerap melakukan skiping atau joging di sekitaran rumah. “Hal itu saya lakukan agar saya tetap fit saat kembali ke tim,” ungkap Maman.

Menurut Maman, latihan ekstra mutlak dibutuhkan karena kondisi fisiknya tak lagi sepadan dengan para pemain muda yang kini banyak mengisi tim Persija. “Karena masih muda, pemulihan mereka usai libur latihan tergolong lebih cepat. Itu yang ingin saya kejar lewat berlatih sendiri di rumah,” lanjutnya.

Baca juga : Inggris Buka Pameran Seputar Mendiang Pangeran Philip

Maman pun berharap komitmen yang membawa dirinya tetap bermain level tertinggi sepak bola tanah air tersebut dapat diikuti para pemain muda. “Saya yang sudah 39 tahun masih bersemangat dan bisa bersaing. Mereka yang muda harus bisa berkembang lebih baik dari saya,” pungkas Maman.

Sejak bergabung pada 2015, Maman telah mempersembahkan sejumlah trofi bagi Macan Kemayoran seperti Liga 1 2018, Piala Presiden 2018, dan Piala Menpora 2021. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.