Dark/Light Mode

Menpora Apresiasi Kerja Keras NOC Dan CdM Persiapkan Olimpiade Tokyo

Jumat, 9 Juli 2021 06:03 WIB
Menpora Zainudin Amali dan Ketua NOC Raja Sapta Oktohari. (Foto : Ist)
Menpora Zainudin Amali dan Ketua NOC Raja Sapta Oktohari. (Foto : Ist)

 Sebelumnya 
Pada kesempatan yang sama, Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020, Rosan Roeslani mengungkapkan bahwa olimpiade Tokyo akan diikuti 206 negara di seluruh dunia.

Dan, Indonesia akan berpartisipipasi dalam 8 cabang olahraga saja yaitu Atletik, Bulu Tangkis, Dayung, Menembak, Panahan, Renang, dan Selancar Ombak dari 33 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Sementara itu, Indonesia akan mengirim 28 atlet terdiri dari 16 atlet putra dan 12 putri dan akan didampingi 23 official. Untuk keberangkatan kontingen dibagi dalam empat gelombang, tim bulutangkis akan diberangkatkan pada 8 Juli.

Baca juga : PPKM Darurat, Menpora Kukuhkan Kontingen Olimpiade Tokyo Secara Daring

“Kemudian dilanjutkan dengan 6 cabang lainnya yaitu Angkat Besi, Dayung Menembak, Panahan, Berenang dan Selancar Ombak pada 17 Juli. Pada gelombang ketiga terdiri dari 3 cabang olahraga yang akan berangkat pada 23 Juli dan gelombang keempat yakni atletik berangkat pada 24 Juli,” ungkapnya.

Dia meminta kepada seluruh atlet dan ofisial yang berangkat untuk melaksanakan protokol kesahatan dengan sangat ketat sehingga dapat bertanding dan meraih prestasi di olimpiade.

“Karena jangan sampai persiapan yang sudah jauh-jauh hari, yang sudah matang ini, yang sudah mendapatkan support secara menyeluruh dari pemerintah melalui Kemenpora ini menjadi sia-sia karena kita tidak menjalankan protokol kesehatan yang ketat,” katanya.

Baca juga : Genjot Vaksinasi, Erick Ajak Semua Pihak Gotong Royong

Ketua Umum NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari Raja Sapta Oktohari menyampaikan bahwa jumlah atlet yang dikirim pada olimpiade kali ini melampaui target dengan 28 atlet.

Padahal, target awalnya hanya 22 atlet saja. Untuk itu, Oktohari menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Menpora Amali karena sejak awal konsen dengan olimpiade sebagai target prestasi dan itu dibuktikan dalam Desain Besar Olahraga Nasional.

“Kita bersyukur 76 tahun Indonesia merdeka, baru di era pak Jokowi dan Menporanya pak Zainudin Amali kita punya grand design atau blue print dari olahraga yang semua kiblatnya adalah olimpiade. Jadi kalau sekarang di 2020 ini kita bisa meningkatkan menjadi 28 (atlet). Insya Allah nanti 2024 kita akan lebih banyak lagi atlet yang kualified di olimpiade berikutnya,” katanya optimistis. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.