Dark/Light Mode

Ada Atlet Yang Belum Pulih, Keberangkatan 2 Cabor Diundur

Sabtu, 17 Juli 2021 16:17 WIB
Menpora Zainudin Amali (kanan) dan Sekretaris Jenderal NOC Indonesia Ferry J Kono. (Foto: Istimewa)
Menpora Zainudin Amali (kanan) dan Sekretaris Jenderal NOC Indonesia Ferry J Kono. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Ferry mengatakan nantunya ada karantina tiga hari yang diterapkan pemerintah Jepang, tidak masalah karena atlet-atlet masih memiliki waktu sampai hari pertandingan. NOC Indonesia bersama CdM concern dengan hal ini.

"Kami ingin memastikan semua atlet yang berangkat kondisinya bugar sehingga mereka bisa menjalani prokes di sana dengan lancar,” ujar Ferry.

Baca juga : Jokowi: Pemulihan Kesehatan Harus Didahulukan

Dengan demikian, rombongan yang terbang Sabtu (17/7), malam ini adalah 13 atlet serta 11 pelatih dan official dari lima cabor yaitu panahan (4 atlet), angkat besi (4), menembak (1), renang (2), dan surfing (1+1).

Rencananya keberangkatan dipimpin langsung oleh Rosan selaku CdM serta Presiden NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari.

Baca juga : Liga 1 Belum Jelas, Skuad Persib Tetap Semangat Latihan Mandiri

“Untuk atlet di luar karantina kami, yaitu surfing langsung perangkat dari Bali, transit di Bandara Soekarno Hatta untuk bergabung dengan atlet-atlet lain dan bersama-sama berangkat dengan maskapai komersial yang sama dengan rombongan pada 21.55 menuju Tokyo,” terang Ferry.

Sedangkan cabor rowing, Deni dan Coach Lukman berangkat bersama Tim Head Quarters yang dikawal oleh tiga Komite Eksekutif Indra Gamulya, Rafiq Hakim Radinal serta Arlan Perkasa Kusuma pada 20 Juli.

Baca juga : Kementan: Anjing Dan Kucing Belum Terbukti Tularkan Covid-19

Sementara, cabor atletik didampingi Sekjen NOC Indonesia berangkat di kloter terakhir pada 24 Juli. Seluruh Kontingen Indonesia yang berangkat sudah divaksinasi dan telah menjalani karantina dengan protokol kesehatan yang ketat sesuai aturan TOCOG.

CdM dan NOC Indonesia meningkatkan uji dengan Swab PCR Test selama tujuh hari beruntun, di mana hasil uji di hari ke-4 dan 30 jam sebelum keberangkatan, menjadi syarat keberangkatan wajib diserahkan ke pemerintah Jepang. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.