Dark/Light Mode

Lagi, Van Gaal Tukangi Tim Oranje

Rabu, 4 Agustus 2021 20:15 WIB
Pelatih baru Belanda, Louis van Gaal. (Foto : Ist)
Pelatih baru Belanda, Louis van Gaal. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Belanda punya juru taktik baru. Dia adalah Louis van Gaal, pelatih yang sebelumnya sudah dua kali melatih timnas Oranje.

Dilansir Reuters, Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) menunjuk Louis van Gaal sebagai pelatih dengan tugas anyar membawa Belanda beraksi di final Piala Dunia yang akan digelar di Qatar tahun depan.

Baca juga : Sentra Vaksinasi Sarana Jaya Jangkau Lebih dari 10 Ribu Orang

Penunjukan itu menjadi yang ketiga kalinya ia memimpin tim Belanda setelah menggantikan Frank de Boer yang lengser usai tersungkur di ajang Piala Eropa 2020.

"Sepak bola Belanda selalu dekat di hati saya, dan melatih tim nasional menurut saya adalah posisi kunci untuk memajukan sepak bola kita. Terlebih, saya menganggapnya sebagai suatu kehormatan untuk melatih tim nasional Belanda," ujar Louis dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari laman resmi Reuters, Rabu (4/8).

Baca juga : The Habibie Center Gelar Webinar Tangani Stunting di Era Pandemi

Van Gaal akan mulai melatih pada September, dengan tiga jadwal pertandingan kualifikasi Piala Dunia. Ia menggantikan posisi Frank de Boer yang berhenti setelah kejuaraan Euro 2020.

Sebelumnya, Van Gaal sempat membesut timnas Belanda pada periode 2000-2002 dan 2012-2014. Statistik performa timnas Belanda pada dua periode tersebut adalah meraih 27 kemenangan, 13 hasil imbang, dan menelan 4 kekalahan.

Baca juga : Jangan Ngobrol Saat Makan Di Warung

Adapun prestasi terbaik timnas Belanda di bawah asuhan Van Gaal adalah menempati peringkat ketiga Piala Dunia 2014 Brasil. Bagi Van Gaal, ini adalah pekerjaan pertamanya setelah dipecat Manchester United pada Mei 2016. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.