Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Top, Venue Tambahan Sudah Dipakai Untuk Latihan Atlet PON XX Papua

Sabtu, 28 Agustus 2021 22:25 WIB
Arena olahraga sepatu roda sudah mulai digunakan untuk latihan atlet PON XX Papua
Arena olahraga sepatu roda sudah mulai digunakan untuk latihan atlet PON XX Papua

RM.id  Rakyat Merdeka - Kabar baik, konstruksi pembangunan arena olahraga, mulai Sepatu Roda, Dayung, dan Panahan telah selesai 100 persen. Venue ini sudah dimanfaatkan untuk latihan atlet Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua 2021. 

Wakil Menteri PUPR, John Wempi Wetipo berharap Pemerintah Provinsi Papua dapat mengelola dengan baik semua venue PON Papua. 

"Sebab merawat aset yang terbangun jauh lebih sulit ketimbang pembangunannya. Aset dengan nilai investasi yang sangat mahal harus bisa dimanfaatkan dan dipelihara oleh pemuda Papua demi mengukir prestasi olah raga nasional di Timur Indonesia," kata Wamen, Sabtu (28/8). 

Ketiga venue tambahan yang telah selesai dibangun oleh kontraktor PT Nindya Karya (Persero)  ini menelan anggaran sebesar Rp 128,2 miliar.
 
Untuk arena Sepatu Roda ini dilengkapi dengan beberapa sarana dan prasarana pendukung venue seperti tribun berkapasitas 650 orang, sistem penerangan untuk lintasan 1.501 lux dan penerangan safe zone 449 lux, sistem tata suara, dan scoring board.

Baca juga : Kapolri Ingatkan Prokes Pada Perhelatan PON XX Di Papua

Kemudian arena Dayung dibangun tidak jauh dari Jembatan merah Youtefa yang membentang di atas Teluk Youtefa. Dukungan infrastruktur venue Dayung diawali dengan pembangunan pengaman pantai berupa reklamasi seluas 10.000 m3 oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Papua, Ditjen Sumber Daya Air.  

Selanjutnya di area reklamasi dibangun gudang perahu seluas 1.750 m2, ponton modular 521 m2, gangway 2 unit, dan 1 unit menara finish setinggi 14,4 meter. 

Venue ini memiliki lintasan sepanjang 2.200 meter dengan lebar 81 meter (9 lintasan) dan dilengkapi 1 unit menara start, 5 unit menara pantau, 8 unit penanda jarak, 8 unit pancang penahan, dan 2 unit obstacle canoe slalom.

Terakhir, arena Panahan dibangun di kawasan kompleks olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura. Venue ini memanfaatkan lahan seluas 40.863 m2 dan luas bangunan 1.217 m2  dengan landsekap pegunungan Cycloop yang menjadi daya tariknya. 

Baca juga : Tinjau Venue, Kapolri Pastikan Persiapan Pelaksanaan PON XX Papua Sudah Maksimal

Di kawasan arena Panahan PON juga  dilengkapi lapangan bertanding seluas 10.100 m2 dan lapangan latihan seluas 8.207 m2. Di mana pada lapangan tanding dilengkapi sistem pembuangan air di bawah lapangan, penerangan, dan tata suara. 

Saat ini, ketiga venue tambahan tersebut sudah dimanfaatkan oleh sejumlah atlet, khususnya dari kontingen Papua dan Papua Barat untuk berlatih. 

Salah satu atlet Sepatu Roda Kontingen Papua, Dinda (18) mengaku, senang dan bangga mendapatkan kesempatan menjajal venue Sepatu Roda bertaraf internasional yang dibangun di Papua. 
Dinda berharap adanya venue baru ini bakal muncul atlet potensial, khususnya dari Papua yang nantinya bisa menjadi andalan Tim Nasional Indonesia. 

"Saya kira sangat bagus, bangga juga di Papua ada venue Sepatu Roda yang kualitasnya internasional. Dengan adanya fasilitas seperti ini semoga bisa menjaring bibit-bibit baru, tidak cuma di Jakarta saja," kata Dinda.

Baca juga : Dana PEN Sudah Cair Rp 326 T, Dipakai Untuk Covid-19 Rp 77 T

Sebelumnya, Kementerian PUPR telah menyelesaikan 4 venue utama dan sudah diserahterimakan kepada Pemprov Papua pada Juni 2021 lalu, yakni arena Aquatic dan Istora Papua Bangkit di kawasan Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur dan venue Cricket dan lapangan Hockey (indoor dan outdoor) di kompleks olahraga Doyo Baru, Distrik Waibu di Kabupaten Jayapura. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.