BREAKING NEWS
 

Pemerintah Tancap Gas Garap Hunian Khusus Anak Muda

Reporter : FAJAR EL PRADIANTO
Editor : FAQIH MUBAROK
Kamis, 17 Maret 2022 15:05 WIB
Staf Khusus Menteri Bidang Perumahan Kementerian PUPR Iskandar Saleh saat webinar Warta Ekonomi, Kamis (17/3). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Dalam diskusi yang sama, Deputi Komisioner Bidang Hukum dan Administrasi BP Tapera Nostra Tarigan meyakinan sektor properti dapat menjadi lokomotif Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), pasalnya setiap aktivitas properti akan berdampak/ berpengaruh pada 174 sektor lainnya. Kemudian tenaga kerja yang terlibat di sektor properti dapat menyerap 30 juta tenaga kerja.

"Jadi kalau dari dana FLPP yang kami kelola sebesar Rp 23 triliun tahun ini maka kalau kita pakai asumsi ini bisa menciptakan tambahan pendapatan nasional Rp 46 triliun," terangnya.

Baca juga : Penundaan Pemilu Terlaksana Jika Dukungan Rakyat Kuat

Belum lagi nanti kalau ditambah dana tapera yang dimanfaatkan untuk pembiayaan perumahan sebesar Rp 2,9 triliun. "Jadi kita semua sepakat bahwa bagaimana daya ungkit, multiplier effect properti sangat berpengaruh terhadap perekonomian nasional," jelasnya.

Adsense

Sementara itu, Direktur Sekuritisasi & Pembiayaan Saran Multigriya Finansial (SMF) Heliantopo menuturkan, sektor properti adalah salah satu sektor yang tetap tumbuh di masa pandemi.

Baca juga : Pengusaha Minerba Tak Bisa Nakal Lagi

"Jadi hal ini membuktikan kebutuhan perumahan adalah basic need jadi apapun kondisinya karena ini kebutuhan dasar maka akan berusahan dipenuhi," ucapnya.

Untuk itu ada beberapa inisiatif yang telah dan akan dilakukan SMF untuk memenuhi kebutuhan perumahan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dan Milenial. Inisiatif itu diantaranya adalah pembiayaan homestay dan peningkatan kualitas rumah di daerah kumuh.

Baca juga : Pemerintah Diminta Tingkatkan Upaya Pemulihan Korban Bencana Alam

Penjajakan pembiayaan KPR/KPA dan KPR Indent yang salah satunya menargetkan pasar milenial, serta kredit konstruksi kepada developer sebagai bentuk implementasi perluasan mandat Perseroan.

"Kegiatan sekuritisasi yang didukung dengan penyaluran pembiayaan agar bank penyalur KPR dapat menyalurkan KPR nya dengan bunga yang lebih rendah," pungkasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense