BREAKING NEWS
 

Startup Indonesia Berguguran, Ini Kata Praktisi Hukum

Reporter & Editor :
FAZRY
Kamis, 26 Mei 2022 18:09 WIB
Ilustrasi. (Net)

RM.id  Rakyat Merdeka - LinkAja dan Zenius, dua perusahaan rintisan atau startups tanah air belum lama ini melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap ratusan karyawan.

Trend pemutusan hubungan kerja massal juga dilakukan oleh beberapa startup lain seperti Fabello, TaniHub, UangTeman, Gojek dan Grab.

Sebelum ini, beberapa startup Indonesia pada akhirnya harus gulung tikar, antara lain Airy Rooms, Stoqo, Qlapa dan Sorabel.

Menanggapi fenomena ini, Hendra Setiawan Boen, analis dan praktisi hukum restrukturisasi utang dari kantor Frans & Setiawan mengatakan bahwa startup di Indonesia gagal karena antara lain tidak fokus dalam bisnis; kehabisan dana; dan tidak memiliki strategi yang baik untuk berkembang di pasar.

Baca juga : Laris Di Indonesia Timur, Program BTN Solusi Melonjak 171 Persen

Hendra mengatakan, masalah utama startup adalah dana operasional mereka sepenuhnya bergantung pada pendanaan pihak luar melalui fundraising, private placement sampai peminjaman.

“Memang dana dari investor sangat berguna bila ingin ekspansi tapi tentu tidak bisa terus-terusan mengandalkan pihak luar. Startup ini harus bisa menghitung kapan perusahaan bisa mandiri, break-even point, mengembalikan dana pinjaman dari investor dan mulai meraup keuntungan,” tambah Hendra.

Adsense

Dia mencontohkan, ada perusahaan beberapa startup besar Indonesia yang sudah beroperasi selama puluhan tahun tapi masih beroperasi dengan menanggung utang puluhan triliun dan investor terus-terusan menyuntikan modal.

“Bagi saya praktek seperti ini tidak masuk akal dan tidak sustainable. Kalau tiba-tiba investor startup kehabisan uang, apakah si startup masih bisa beroperasi atau malah kasak-kusuk mencari investor lain untuk suntikan modal?”

Baca juga : Indonesia Masuk 3 Besar, Ini Harapan CdM Ferry Kono

Hendra memberi saran agar startup Indonesia tidak perlu terlalu terburu-buru untuk booming. Lebih baik tumbuh secara organik. Kalau memang mau ekspansi baru cari investor.

Dana dari investor itu hanya alat bantu untuk berkembang dan bukan tujuan utama mendirikan startup.

Hendra memberi analogi investor pada startup itu baby walker untuk bayi dapat belajar berjalan. Tapi pada akhirnya bayi itu harus dapat berjalan sendiri tanpa alat bantu.

Apabila tidak, berarti ada masalah dan bayi tersebut harus dibawa ke ahli tumbuh kembang anak.

Baca juga : WINGS Group Indonesia Dorong Potensi UMKM Bangka Belitung

“Lebih baik punya perusahaan yang berkembang secara perlahan tapi sehat dan bertahan lama. Daripada dikarbit menjadi besar dalam sehari tapi besoknya layu,” tutup Hendra. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense