BREAKING NEWS
 

Duet Bareng KAI, Pelindo III Optimalkan Aset dan Inovasi Proses Bisnis

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Jumat, 20 November 2020 15:12 WIB
Direktur Utama PT Pelindo III U. Saefudin Noer (kedua kanan) dan Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo (kedua kiri) usai meneken MoU tentang Kerja Sama Pemanfaatan Fasilitas Optimalisasi Bisnis dan Aset BUMN serta Logistic Supply Chain di Sinergi Lounge Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (20/11). (Foto: Humas Pelindo III)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) dan PT Kereta Api Indonesia ( Persero) atau KAI, melaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman atau MoU tentang Kerja Sama Pemanfaatan Fasilitas Optimalisasi Bisnis dan Aset BUMN serta Logistic Supply Chain.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Direktur Utama PT Pelindo III U. Saefudin Noer dan Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo di Sinergi Lounge Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (20/11).

Lingkup kerja sama dalam Nota Kesepahaman tersebut meliputi pemanfaatan dan pengembangan fasilitas sarana dan/atau prasarana para pihak, optimalisasi bisnis dan aset para pihak, logistic supply chain, dan bentuk kerja sama potensial lainnya yang disepakati para pihak.

Baca juga : Bangun Ekonomi Pesisir, KLHK Optimalkan Tanam Mangrove

Kedua BUMN sepakat,  rencana kerja sama akan dilakukan di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap, dan/atau lokasi Pelabuhan Pelindo III lainnya.

Direktur Utama PT Pelindo U. Saefudin Noer mengatakan, MoU ini merupakan implementasi dari Core Values BUMN yang dicanangkan oleh Menteri BUMN Erick Tohir yaitu AKHLAK: amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif.

Adsense

"Amanah atas aset yang dipercayakan kepada kami, yakni Pelindo III dan KAI, akan terus dilakukan melalui kolaborasi dalam optimalisasi aset BUMN. Optimalisasi aset -aset dilakukan sesuai kompetensi masing-masing. Pelindo III dan KAI akan berbagi peran dalam menjalankan fungsinya sebagai BUMN bidang infrastruktur dan perhubungan, untuk efisiensi logistik dan  transportasi darat maupun laut," kata Saefudin.

Baca juga : Putar Otak Atasi Resesi

Kedua BUMN sepakat memperbaiki infrastruktur dan integrasi antar moda laut dan darat, melalui inovasi bisnis proses bersama.

Saefudin berharap, hubungan yang semakin harmonis antar kedua pimpinan BUMN dapat memudahkan kerja sama dan adaptasi masing-masing dalam melakukan kolaborasi.

"Kami berharap dapat melakukan kerja sama yang sinergis dalam inovasi proses bisnis, yang merupakan salah satu prioritas yang digariskan Kementerian BUMN. Ini kunci bagi kedua BUMN, untuk menunaikan loyalitasnya kepada negara, bagi peningkatan layanan publik," kata Saefudin.

Baca juga : Jangan Khawatir, Pemerintah Pastikan Vaksin Aman Dan Lolos Uji Klinis

Sementara Dirut PT KAI Didiek Hartantyo berharap, kedua pihak dapat mengoptimalkan aset dan inovasi proses bisnis. Dengan MoU yang akan segera ditindaklanjuti, kedua BUMN akan memberi kemudahan bagi pemilik barang atau pelaku logistik, yang akan mengirimkan barang dari dan menuju pelabuhan melalui kereta api.

"Kami akan optimalkan penguasaan teknologi untuk merealisasikannya," pungkas Didik.

Penandatanganan MoU ini turut dihadiri oleh Asisten Deputi Bidang Perkebunan dan Kehutanan Kementerian BUMN Desty Arlaini dan Staf Ahli Bidang Logistik, Multimoda, dan Keselamatan Kementerian Perhubungan Cris Kuntadi. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense