Dark/Light Mode

Gandeng PII, Pertamina Kembangkan Proyek Sektor Energi dengan Skema KPBU

Kamis, 8 Oktober 2020 11:21 WIB
Gandeng PII, Pertamina Kembangkan Proyek Sektor Energi dengan Skema KPBU

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina (Persero) menggandeng PT Penjamin Infrastruktur Indonesia (PT PII), sebagai upaya peningkatan kapasitas pengetahuan dan pendampingan pengembangan potensi proyek infrastruktur, dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) maupun skema Pinjaman Langsung/Direct Lending. Hal ini dilakukan untuk menjamin kelancaran dan keberlanjutan proyek.

Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) selaku bisnis grup Refining and Petrochemical Pertamina, telah melaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT PII pada tanggal 1 Oktober 2020 lalu.

Baca juga : PLN Percepat Pemanfaatan Gas Untuk Sektor Ketenagalistrikan

Direktur Utama PT KPI Ignatius Tallulembang menjelaskan ruang lingkup kerja sama dengan PT PII, yang meliputi kegiatan capacity building dan knowledge sharing dalam kerangka pengembangan infrastruktur terkait KPI atau Pertamina.

“Di samping itu, PT PII juga akan memberikan pendampingan kegiatan scanning, screening untuk identifikasi potensi proyek dan dukungan (termasuk pemantauan proyek) terhadap proyek infrastruktur dengan KPI atau dengan PT Pertamina melalui KPI,” ungkap Ignatius.

Baca juga : Rakor Dengan Pemprov DKI, KPK Pertanyakan Kemajuan Penagihan PSU

Menurutnya, saat ini kedua belah pihak sepakat melakukan kolaborasi dalam mendukung penyusunan rencana penyediaan proyek-proyek PT Pertamina (Persero) yang dikelola oleh KPI dan/atau proyek-proyek KPI. Sesuai dengan mandat yang dimiliki masing-masing, berdasarkan ketentuan peraturan perundangan. Selain itu, kerja sama ini dilaksanakan guna percepatan dalam seleksi mitra serta pembangunan Proyek Kilang dan Petrokimia Pertamina, serta mendorong keterbukaan investasi swasta pada sektor energi Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.