BREAKING NEWS
 

Kecil Banget, Kasus Corona Melonjak Lagi

Reporter : DIDI RUSTANDI
Editor : ACHMAD ALI FUTHUHIN
Minggu, 22 Mei 2022 07:40 WIB
Ketua Satgas Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof Zubairi Djoerban. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Potensi lonjakan kasus Covid-19 usai libur Lebaran diprediksi sangat kecil. Soalnya, tingkat vaksinasi masyarakat sudah tinggi. Meski begitu, masyarakat diingatkan memiliki kesadaran tinggi menerapkan pola hidup sehat.

Ketua Satgas Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof Zubairi Djoerban mengatakan, di libur Lebaran tahun sebelumnya, jumlah masyarakat yang divaksinasi masih rendah sehingga lonjakan kasus Covid-19 terjadi. Kini, sudah banyak yang sudah divaksinasi dua kali.

Baca juga : Klopp Bangga Jake Daniels Ngaku Gay

“Sekarang ini yang sudah divaksinasi kan persentasenya tinggi sekali, sehingga kekhawatiran itu tetap ada namun tidak besar,” kata Zubairi, kemarin.

Walau risiko lonjakan Corona pasca mudik Lebaran rendah, ia mengatakan butuh sekitar dua sampai empat pekan ke depan untuk memastikan kondisi tersebut. Guru Besar Universitas Indonesia (UI) ini mendukung kebijakan Pemerintah yang melonggarkan pemakaian masker. Namun, hal itu jangan sampai membuat masyarakat terlena dan lupa bahwa Covid-19 masih ada.

Baca juga : Ketika Alam Dan Manusia Tidak Bersinergi (4)

“Hanya karena mandat dicabut, bukan berarti harus berhenti pakai masker,” tegasnya.

Justru, lanjut Zubairi, dengan dicabutnya aturan wajib masker, masyarakat harus memiliki kesadaran lebih tinggi soal hidup sehat. “Saatnya masing-masing kita punya kesadaran tentang pola hidup sehat, termasuk pakai masker yang efektif cegah virus menular,” imbuh dia.

Adsense

Baca juga : Ketika Alam Dan Manusia Tidak Bersinergi (3)

Namun menurutnya, kebijakan tersebut idealnya diterapkan bulan depan dengan melihat perkembangan dari mudik Lebaran 2022 kemarin. “Melihat dulu bagaimana dampak dari mudik. Saya harap pelacakan kontak dan tes tetap dilakukan. Tidak jadi kendor,” tambah Zubairi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense