Dewan Pers

Dark/Light Mode

Ketika Alam Dan Manusia Tidak Bersinergi (3)

Sabtu, 21 Mei 2022 06:35 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Sudah pasti segala sesuatu itu mempu­nyai manfaat dan dapat dimanfaatkan oleh manusia. Alam raya ini sesungguh­nya tidak lain adalah saudara kembar ma­nusia sebagai sesama makhluk.

Berita Terkait : Ketika Alam Dan Manusia Tidak Bersinergi (2)

Genetik mereka mempunyai sum­ber yang sama. Istilah benda mati hanya ada dalam kamus manusia. Bagi Tuhan, tidak ada benda mati. Ini difahami dari berbagai ayat dalam Al-Qur’an, antara lain: Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di da­lamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada suatupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mer­eka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun. (Q.S. Al-Isra’/17:44).

Berita Terkait : Ketika Alam Dan Manusia Tidak Bersinergi (1)

Apakah kamu tiada mengetahui, bahwa kepada Allah bersujud apa yang ada di langit, di bumi, matahari, bulan, bintang, gunung, pohon-pohonan, binatang-binatang yang melata dan sebagian besar daripada manusia? Dan banyak di antara manusia yang telah ditetap­kan azab atasnya. Dan barangsiapa yang dihinakan Allah maka tidak seorangpun yang memuliakannya. Sesungguhnya Allah berbuat apa yang Dia kehendaki. (Q.S. Al-Hajj/22:18).

Berita Terkait : Bagaimana Merawat Fitrah? (2)

Alam raya dan segala isinya ditun­dukkan untuk manusia, sebagaimana ditegaskan di dalam Al-Qur’an: Dan Dia menundukkan untukmu apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi semuanya, (sebagai rahmat) daripada- Nya. Sesungguhnya pada yang de­mikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berfikir. (Q.S. Al-Jatsiyah/45:13). Dan Dia menundukkan malam dan siang, matahari dan bulan untukmu. Dan bintang-bintang itu ditunduk­kan (untukmu) dengan perintah-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda-tanda (kekua­saan Allah) bagi kaum yang memahami (nya). (Q.S. An-Nahl/16:12). ■