Dark/Light Mode

Ketika Alam Dan Manusia Tidak Bersinergi (3)

Sabtu, 21 Mei 2022 06:35 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Sudah pasti segala sesuatu itu mempu­nyai manfaat dan dapat dimanfaatkan oleh manusia. Alam raya ini sesungguh­nya tidak lain adalah saudara kembar ma­nusia sebagai sesama makhluk.

Baca juga : Ketika Alam Dan Manusia Tidak Bersinergi (2)

Genetik mereka mempunyai sum­ber yang sama. Istilah benda mati hanya ada dalam kamus manusia. Bagi Tuhan, tidak ada benda mati. Ini difahami dari berbagai ayat dalam Al-Qur’an, antara lain: Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di da­lamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada suatupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mer­eka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun. (Q.S. Al-Isra’/17:44).

Baca juga : Ketika Alam Dan Manusia Tidak Bersinergi (1)

Apakah kamu tiada mengetahui, bahwa kepada Allah bersujud apa yang ada di langit, di bumi, matahari, bulan, bintang, gunung, pohon-pohonan, binatang-binatang yang melata dan sebagian besar daripada manusia? Dan banyak di antara manusia yang telah ditetap­kan azab atasnya. Dan barangsiapa yang dihinakan Allah maka tidak seorangpun yang memuliakannya. Sesungguhnya Allah berbuat apa yang Dia kehendaki. (Q.S. Al-Hajj/22:18).

Baca juga : Bagaimana Merawat Fitrah? (2)

Alam raya dan segala isinya ditun­dukkan untuk manusia, sebagaimana ditegaskan di dalam Al-Qur’an: Dan Dia menundukkan untukmu apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi semuanya, (sebagai rahmat) daripada- Nya. Sesungguhnya pada yang de­mikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berfikir. (Q.S. Al-Jatsiyah/45:13). Dan Dia menundukkan malam dan siang, matahari dan bulan untukmu. Dan bintang-bintang itu ditunduk­kan (untukmu) dengan perintah-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda-tanda (kekua­saan Allah) bagi kaum yang memahami (nya). (Q.S. An-Nahl/16:12). ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.