BREAKING NEWS
 

Siap Gelar Rapimnas 2022

Kadin Fokus Perkuat UMKM

Reporter : NOVALLIANDY
Editor : ACHMAD ALI FUTHUHIN
Kamis, 1 Desember 2022 07:55 WIB
Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid. (Foto: Humas Kadin)

 Sebelumnya 
Saat ini, UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia yang jumlahnya 64,2 juta.

Pada tahun 2021, UMKM berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 61,07 persen atau senilai Rp 8.573,89 triliun.

UMKM juga menyerap dan memberikan lapangan kerja bagi 97 persen dari total tenaga kerja yang ada atau sekitar 117 juta pekerja.

Baca juga : Sandiaga Uno, Menparekraf: Kesengsem Jerman

Wakil Ketua Umum Koordinator Kadin Bidang Organisasi, Hukum dan Komunikasi Kadin Indonesia, Yukki N. Hanafi mengatakan, sebelum menggelar Rapimnas,

Kadin akan mengadakan rang­kaian pertemuan dengan Dewan Usaha, Dewan Penasihat, Dewan Pertimbangan dan Dewan Pengurus, untuk membahas per­soalan perekonomian nasional dan pandangannya.

Rangkaian pertemuan sebe­lum Rapimnas, kata Yukki, antara lain Rapat Gabungan Pimpinan Pengurus Kadin untuk membahas program kerja yang sudah dijalankan selama setahun terakhir. Dan juga Rapat Pleno Dewan Pengurus Lengkap Kadin Indonesia.

Baca juga : OASE KIM-Perwosi Gelar Lomba Senam Kreasi 2022 Piala Ibu Negara

Yukki menambahkan, rapat maraton ini untuk membuat jejaring bisnis yang kuat dalam mendorong prospek produktivi­tas dunia usaha dan perekono­mian nasional.

Serta, menjadi penguatan kon­solidasi internal setelah Presiden Jokowi mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) tentang Kadin di bawah kepemimpinan Arsjad Rasjid sebagai Kadin yang diakui, sekaligus mitra strategis Pemerintah.

Penguatan konsolidasi internal ini akan semakin mem­perkuat langkah dan kinerja Kadin yang semakin fokus mem­bantu Pemerintah memulihkan ekonomi, membuka lapangan kerja yang mengarah pada kesejahteraan masyarakat.

Baca juga : 3 Kali Keok, Pelatih Qatar Pasrah Kalau Dipecat

Ketua Organizing Committee Rapimnas Kadin Indonesia Sarman Simajorang menam­bahkan, Rapimnas 2022 dapat dijadikan sebagai forum untuk mengumpulkan penda­pat mengenai kondisi dan situasi ekonomi nasional dan global. Serta langkah-langkah yang mesti disiapkan.

“Kami berharap, Rapimnas ini akan menghasilkan strategi yang bersinergi dengan kebijakan Pemerintah, baik itu pusat mau­pun daerah,” harapnya.

Dalam Rapimnas nanti, Kadin akan mengundang para menteri terkait ekonomi dan investasi, untuk duduk bersama mem­bahas penguatan ekonomi dan investasi nasional. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense