BREAKING NEWS
 

Dana Efisiensi Pengelolaan Lingkungan Capai Rp 126 T

Wapres Ingin Perusahaan Menjadi Agen Perubahan

Reporter : DIDI RUSTANDI
Editor : ACHMAD ALI FUTHUHIN
Sabtu, 31 Desember 2022 07:55 WIB
Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin, saat Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) Tahun 2022 kepada 51 perusahaan pering­kat PROPEREMAS, di Istana Wapres, Jakarta, Jumat (30/12/2022). (Foto: Setwapres)

 Sebelumnya 
“Partisipasi aktif dunia usaha dalam aksi-aksi nyata mengatasi perubahan iklim dan mengelola lingkungan berkelanjutan, sangat dinantikan,” imbuhnya.

Kedua, lanjut Ma’ruf, Pemerintah terus memotivasi perusahaan dalam pengelolaan ling­kungan melalui pemberian peng­hargaan PROPER.

Baca juga : Awas, Jadi Sarang Korupsi

Dari tahun ke tahun, semakin banyak perusahaan yang menya­dari pentingnya kontribusi dalam pengelolaan lingkungan hidup.

Ketiga, telah terjadi penghe­matan untuk upaya efisiensi pengelolaan lingkungan yang mencapai Rp 126 triliun, atau naik 23 persen dari tahun 2021.

Baca juga : Kemenaker Beri Penghargaan Bagi Perusahaan Yang Terapkan Pengupahan Berbasis Produktivitas

Termasuk, digulirkannya dana sebesar Rp 1,89 triliun untuk pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar perusahaan.

Siti Nurbaya menambahkan, PROPER merupakan program KLHK untuk mendorong dunia usaha meningkatkan kinerja pengelolaan lingkungannya, terus berkembang dan menga­lami proses perbaikan secara berkelanjutan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan.

Baca juga : Cak Imin Pesan Ke Kaesang-Erina: Bangun Keluarga Butuh Perjuangan

Setelah sebelumnya menerap­kan konsep Life Cycle Analysis, Inovasi Sosial, dan Social Return on Investment (SROI), tahun ini PROPER mengimplementasikan konsep Green Leadership dalam kriteria penilaiannya.

Konsep Green Leadership, dikembangkan sebagai salah satu tolok ukur kemampuan dari seorang pimpinan perusahaan, dalam menentukan kebijakan yang pro lingkungan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense