BREAKING NEWS
 

Jajaran Direksinya Dicopot, Dirjen Hubud Pastikan Operasional Garuda Baik-baik Saja

Reporter : KINTAN PANDU JATI
Editor : FIRSTY HESTYARINI
Minggu, 8 Desember 2019 13:41 WIB
Dirjen Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan Polana B Pramesti (kanan) (Foto: M Qori Haliana/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Dirjen Hubud) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan operasional Garuda Indonesia tidak terganggu, meski Kementerian BUMN telah mencopot jajaran direksinya.

Dirjen Perhubungan Udara Polana B Pramesti mengatakan, Garuda masih punya key person yang menangani operasional penerbangan.

Baca juga : Dirutnya Dicopot, Operasional Garuda Tetap Aman Terkendali

"Aspek operasional penerbangan Garuda tidak akan terganggu. Apalagi, telah ditunjuk pelaksana tugas sebagai penanggung jawab dalam organisasi yamg mengkoordinasikan semua aspek. Baik manajemen, operasi, teknik, dan keamanan," jelas Polana, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (8/12).

Adsense

Keputusan Menteri Perhubungan No. 25 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Angkutan Udara dan CASR 121.59, mewajibkan adanya accountable person pemegang kendali penuh terhadap suatu organisasi, yang berkaitan dengan fungsi operasi, teknik, keselamatan dan pelayanan.

Baca juga : Dirjen Bea Cukai Pastikan Investigasinya Nggak Bakal Lama

Penunjukan Pelaksana Tugas menjadi opsi, ketika maskapai belum memiliki direktur utama yang definitif. Pelaksana Tugas hanya bersifat sementara, selama 7 hari.

Selanjutnya, sudah ada pejabat definitif yang memenuhi persyaratan terkait, dan telah dievaluasi oleh regulator. "Direktur Utama (Dirut) definitif ditunjuk oleh pemegang saham. Setelah itu, dilakukan update terhadap lampiran izin usaha angkutan udara, serta list of key person kepada Kementerian Perhubungan," papar Polana.

Baca juga : Atap JPO Dicopot, Netizen Usul Pasang Penangkal Petir

Dirjen Perhubungan Udara akan terus melakukan pembinaan dan pengawasan kepada seluruh Badan Usaha Angkutan Udara, sesuai Undang-undang yang berlaku untuk menjamin keselamatan dan keamanan penerbangan. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense