BREAKING NEWS
 

Jokowi Di Hari Ulang Tahun Ke-70 IDI

Pandemi Corona Jadi Momen Perbaikan Sistem Kesehatan

Reporter : SHAHIH QARDHAVI
Editor : SUGIHONO
Minggu, 25 Oktober 2020 06:03 WIB
Presiden Jokowi. (Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi berharap pandemi Virus Corona (Covid-19) bisa menjadi momentum bagi perbaikan sistem kesehatan di Tanah Air. Reformasi tersebut dapat dimulai dari sisi pencegahan.

Orientasi pada pencegahan penyakit dan pola hidup sehat menjadi prioritas utama yang membutuhkan dukungan dari sektor non-kesehatan.

Kemudian juga membutuhkan kesadaran dan kedisiplinan masyarakat, serta dukungan dari organisasi sosial keagamaan.

Baca juga : KPU Minta Peserta Pilkada Patuhi Protokol Kesehatan

Selain itu, penguatan kapasitas sumber daya manusia kesehatan, pengembangan rumah sakit dan balai-balai kesehatan, serta industri obat-obatan dan alat-alat kesehatan di Tanah Air juga terus dilakukan.

“Selama pandemi ini misalnya, telah banyak inovasi yang dikembangkan oleh para peneliti dan inovator di dalam negeri,” ujar Jokowi saat memperingati Hari Ulang Tahun Ke-70 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) melalui video yang ditayangkan Sekretariat Presiden di Jakarta, kemarin.

Jokowi menjabarkan inovasi yang sudah dilakukan, antara lain Rapid diagnostic test, emergency ventilator, mobile lab biosafety yang dilengkapi dengan Polymerase Chain Reaction (PCR), penggunaan artificial intelligence untuk penegakan diagnosis Covid-19, dan aplikasi Covid Track untuk membantu dokter memantau mobilitas pasien.

Baca juga : Sebelum Vaksin, Terapkan Dulu Protokol Kesehatan

“Kita juga mempercepat clinical trial dan produksi massal Vaksin Merah Putih,” imbuhnya.

Adsense

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengapresiasi upaya yang dilakukan para dokter yang telah menjadi garda terdepan dalam mencegah dan menangani masalah kesehatan termasuk pandemi Covid-19 di Tanah Air.

“Atas nama rakyat, bangsa dan negara, menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas pengabdian, perjuangan serta pengorbanan para dokter Indonesia yang selalu berada di garda terdepan dalam melakukan pencegahan dan penanganan masalah kesehatan,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense